Fungsi Makanan

Fungsi Makanan

Diposting pada

Fungsi Makanan_ Dalam kamus besar bahasa Indonesia, makanan diartikan sebagai apa saja yang boleh dimakan, seperti jajanan, lauk kue dan lain-lain. Menurut para ahli nutrisi, makanan merupakan zat yang berbeda dengan obat, mengandung nutrisi dan unsur atau ikatan kimiawi yang dapat diubah oleh tubuh menjadi nutrisi yang berguna saat dimasukkan ke dalam tubuh.

Pada umumnya makanan sangat dibutuhkan oleh manusia untuk bertahan hidup. Ada banyak jenis makanan yang dikonsumsi manusia yang masing-masing memiliki efek tersendiri bagi tubuh. Agar tidak salah mengenali makanan yang baik untuk tubuh, berikut ini sekilas informasi tentang fungsi makanan untuk tubuh, termasuk jenisnya, beserta penjelasannya.


Fungsi Makanan

jelaskan-fungsi-makanan-bagi-manusia-dan-hewan

  • Pertumbuhan dan Perkembangan Tubuh

Fungsi makanan untuk tubuh selanjutnya adalah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Makanan menyediakan bahan yang dibutuhkan untuk membangun, memperbaiki, dan memelihara jaringan tubuh. Protein, lemak, dan mineral merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan. Tubuh yang sedang tumbuh membutuhkan nutrisi ini dalam jumlah tambahan. Protein, misalnya, adalah bahan penyusun setiap sel di jaringan tubuh seperti tulang, gigi, kulit, dan otot.


  • Memperbaiki dan Mempertahankan Sel

Fungsi makanan bagi tubuh sangat penting dalam memperbaiki dan memelihara sel-sel tubuh. Tubuh membutuhkan makanan untuk menjaga sel-sel tetap sehat dan tumbuh. Dengan mengonsumsi nutrisi yang tepat, tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri dan tetap sehat. Jaringan tubuh bisa terus menerus rusak dan diganti dengan yang baru. Protein, mineral, dan air dibutuhkan untuk menggantikannya.


  • Untuk Mengatur Proses Tubuh

Asam lemak esensial dalam lemak, protein, mineral, vitamin dan air tertentu memenuhi fungsi pengaturan tertentu. Ini adalah pembekuan darah, menjaga suhu tubuh, mengaktifkan enzim, dan aktivitas tubuh lainnya.


  • Untuk Melindungi Tubuh dari Penyakit

Vitamin, mineral dan protein menjaga jaringan dan organ tubuh tetap sehat. Orang sehat yang makan dengan baik dan berolahraga secara teratur cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk jatuh sakit. Vitamin dan mineral melindungi tubuh dari cedera dan penyakit. Mereka membantu mengatur pertumbuhan, koordinasi otot, penglihatan, pencernaan, dan proses tubuh lainnya.


Manfaat Makanan Sehat

  • Mengonsumsi makanan sehat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, di antaranya:
  • Membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan ideal Anda
  • Mengurangi resiko penyakit jantung dan berbagai penyakit lainnya
  • Membantu menjaga tulang dan gigi tetap kuat
  • Periksa gula darah Anda
  • Baik untuk kesehatan otak
  • Baik untuk kesehatan kulit

Jenis makanan

  • Makanan Sega

Makanan segar adalah makanan yang belum diolah. Bahan pangan ini dapat dikonsumsi langsung atau digunakan sebagai bahan baku pengolahan pangan, mis. B. beras, gandum, buah-buahan dan sayuran dari segala jenis, serta ikan dan sebagainya.


  • Makanan Olahan

Makanan olahan adalah makanan atau minuman yang diolah dengan cara atau metode tertentu, dengan atau tanpa bahan tambahan. Makanan olahan dibagi menjadi dua jenis:

  • Pangan olahan tertentu merupakan pangan olahan yang diperuntukan bagi kelompok tertentu guna menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan kelompok tertentu.
  • Makanan siap saji, yaitu makanan atau minuman yang telah diolah dan dapat disajikan berdasarkan pesanan langsung di dalam atau di luar tempat usaha.

  • Makanan Instan

Makanan instan adalah semua makanan dan minuman yang telah dimasak, dikalengkan, dikeraskan atau diisi ke dalam kaleng, siap disajikan dan hanya memerlukan waktu pemanasan yang singkat. Biasanya makanan dan minuman instan kerap menjadi alternatif makanan dan minuman bagi seseorang yang sibuk, seperti mie instan, soto instan, bubur instan, dan sirup instan.


  • Makanan Sehat

Makan sehat adalah makan dalam arti kata yang sempit dan dapat menikmati makanan ini. Makanan sehat harus terdiri dari makanan pokok dan makanan penunjang. Makanan sehat ini juga dikenal sebagai 4 makanan sehat 5 sempurna, mis. B. sebagai pelengkap tahu, tempe, potongan daging, semangkuk sayur dan segelas susu.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Makanan semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: