Apa Fungsi Al Quran

Apa Fungsi Al Quran?

Diposting pada

Apa Fungsi Al Quran? – Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang berisi firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril untuk dibaca, dipahami dan diamalkan sebagai pedoman atau pedoman hidup bagi umat manusia. Ada perbedaan fungsi al-Qur’an, mulai dari fungsi al-Qur’an dalam Islam, fungsi al-Qur’an bagi kehidupan manusia, dan fungsi al-Qur’an sebagai sumber ilmu.

Al-Quran juga menjadi dasar hukum Islam dan sumber hukum Islam yang bermanfaat bagi kemanusiaan. Nabi Muhammad adalah utusan yang diyakini telah menerima Muksizat Al-Quran, yang tugasnya adalah untuk menyampaikan, mengamalkan dan menafsirkan Alquran.

Al-Quran diturunkan dalam bahasa Arab dan maknanya berasal dari Allah SWT. Selama ini keaslian Al-Quran masih terjaga dan terus tercatat dalam bahasa Arab. Saat ini Alquran juga telah diterjemahkan ke berbagai bahasa asing, khususnya bahasa Indonesia.

Hal ini untuk memudahkan umat Islam dalam memahami dan mempelajari Alquran. Namun, bahasa asli Alquran, bahasa Arab, tetap dipertahankan untuk menjaga keasliannya.


  Fungsi Al-Quran Bagi Kehidupan Manusia

  • Sebagai Petunjuk Jalan yang Lurus

Hidup bahagia menurut Islam adalah jalan yang lurus. Jalan lurus menuju apa yang orang-orang ajarkan agar memiliki karakter mulia dan berlatih dengan baik. Banyak orang yang terkadang bingung harus berbuat apa lagi di dunia ini, dan cukup banyak yang kemudian salah jalan. Misalnya orang yang melakukan tindak kriminal atau menggunakan narkoba.

Alquran memberikan instruksi agar umat manusia dapat terus berjalan di jalan yang lurus. Alquran menjelaskan apa yang salah dan apa yang benar, serta peringatan untuk terus bertakwa kepada Allah SWT.


  • Merupakan Mukjizat Bagi Nabi Muhammad SAW

Jika nabi lain memiliki mukjizat yang terlihat jelas, seperti kemampuan berbicara dengan binatang, menyembuhkan orang sakit, dll, maka Nabi Muhammad mendapat mukjizat yang sedikit berbeda, yaitu Al-Quran yang merupakan kitab suci umat Islam tersebut. . Al-Qur’an adalah sumber dari semua sumber hukum dan pelengkap dari kitab-kitab sebelumnya. Meskipun Nabi Muhammad (SAW) tidak bisa membaca dan menulis, Allah menyimpan Alquran yang diturunkan kepadanya.

Baca Juga :  Pengertian Hadits: Struktur, Klasifikasi dan Hadits Qudsi!

  • Jelaskan Kepribadian Manusia dan apa yang Membuatnya Beda dari Makhluk Lain

Alquran menyebutkan bahwa orang dengan kualitas yang berbeda adalah baik dan buruk. Selain itu, manusia memiliki kecerdasan yang membedakan mereka dari hewan. Allah SWT menjadikan manusia pemimpin di dunia ini. Sebagai pemimpin, manusia harus bisa memiliki akhlak yang baik daripada berperilaku seperti binatang. Manfaat membaca dan mengamalkan Alquran akan menjadikan kita orang yang bertakwa dan berakhlak mulia serta bagaimana kita bisa memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.


  • Tambahan dari Kitab Allah yang Diturunkan Sebelumnya

Umat ​​Islam percaya akan adanya kitab-kitab Tuhan yang turun sebelum Alquran, yaitu Taurat, Alkitab dan Zabur. Tapi tetap Alquran, yang harus dipelajari karena itu adalah kehalusan dan akan digunakan sampai akhir zaman. Berbeda dengan Alquran, kitab-kitab Allah sebelumnya hanya ditujukan kepada orang-orang saat ini. Allah SWT akan menjaga keaslian Al-Quran melalui orang-orang yang menghafal dan mengamalkan Al-Quran.


  • Jelaskan Kepribadian Manusia dan yang Membedakan dari Makhluk Lainnya

Al-Quran diturunkan saat Nabi Muhammad SAW masih hidup. Kata yang turun akan mengacu pada peristiwa pada saat itu. Misalnya, perselisihan suatu umat atau cerita tentang orang-orang sebelumnya yang mendapat peringatan dari Allah SWT.

Berdasarkan cerita orang-orang sebelumnya, kita bisa belajar untuk tidak mengulangi kesalahan yang mereka buat, seperti rakus dan melakukan hal buruk kepada orang lain. Ini juga bisa terkait dengan kebiasaan buruk orang-orang sebelumnya yang perlu dihindari di masa sekarang.


  • Al-Quran Dapat Memantapkan Iman Islam

Manfaat membaca Alquran setiap hari dan memahami maknanya dapat membuat kita lebih mantap dalam menegakkan ajaran Islam. Sebagai Muslim, terkadang kita merasa bahwa keimanan kita menurun karena aktivitas duniawi. Namun, jika kita membaca Alquran secara teratur dan berusaha mempelajari isi Alquran, kita bisa memperkuat keimanan kita.

Isi Alquran semakin meyakinkan kita bahwa Islam adalah agama yang harus kita pegang teguh. Jadi pelajarilah Alquran jika Anda ingin memperkuat keyakinan Islam Anda atau jika Anda tiba-tiba memiliki keraguan di hati Anda.


  • Tuntunan dan Hukum untuk Menjalani Kehidupan

Al-Quran mengandung banyak hal dalam hidup termasuk petunjuk dan hukum. Orang bisa membuat undang-undang sendiri untuk suatu negara atau daerah, tapi hukum Alquran diturunkan oleh Allah SWT yang tentunya lebih sempurna jika bisa dijadikan landasan. Bimbingan dalam Alquran ditujukan bagi umat Islam untuk menjalani kehidupannya. Alquran mengatur berurusan dengan orang lain, perdagangan, warisan, zakat dan banyak hal lainnya. Umat ​​Islam yang bisa belajar dan mengamalkan Alquran dengan baik akan menjalani kehidupannya dengan baik.

Baca Juga :  Fungsi agama: Pengertian Menurut Ahli, Unsur, Cara Beragama, Tujuan dan Macam-macam Agama

Fungsi Al-Quran Dalam Agama Islam

Fungsi Alquran dalam kehidupan diungkapkan melalui nama-nama dalam Alquran itu sendiri. Nama lain Alquran yang menunjukkan fungsinya sendiri adalah:


  • Al-Huda (Petunjuk)

Di dalam Alqur’an ada tiga kedudukan Alquran yang dijadikan sebagai pedoman. Alquran adalah pedoman bagi orang-orang pada umumnya, pedoman bagi mereka yang ketuhanan, dan pedoman bagi mereka yang beriman. Jadi Alquran bukan hanya menjadi pedoman bagi umat Islam, tetapi bagi masyarakat pada umumnya. Ada kandungan Alquran yang universal dari segi sains dan bisa menjadi pedoman bagi semua orang, tidak hanya mereka yang beriman dan bertakwa.

Kepemimpinan bagi seorang mukmin berarti seseorang yang memiliki keyakinan Islam padanya, yaitu yang mengakui bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah dan Allah adalah satu-satunya Tuhan alam semesta. Sedangkan bagi orang yang bertakwa berarti berarti bagi orang yang benar-benar menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Beberapa kali dalam Al Qur’an ditulis kepada siapa sebuah ayat atau perintah ditujukan, baik untuk orang beriman atau untuk mereka yang saleh.


  • Al-Furqon (Pemisah)

Nama lain dari Alquran adalah Al-Furqon, atau pemisah. Hal ini terkait dengan fungsi Alquran sebagai mukjizat di dunia lain, yaitu bisa menjadi pemisah antara yang benar dan salah atau antara benar dan salah. Berbagai macam hal dijelaskan dalam Alquran yang diklasifikasikan sebagai benar dan salah atau benar dan salah.

Jadi, jika Anda telah mempelajari Alquran dengan benar, seseorang harus bisa membedakan antara benar dan salah. Misal, jika Anda mencari untung dari trading, maka dijelaskan bahwa tidak tepat melakukan penipuan dengan mengurangi bobot suatu komoditas. Hal yang sama berlaku untuk berbagai masalah lain yang bisa ditemukan, misalnya dalam ayat Al-Quran.


  • Al-Asyifa (Obat)

Dalam Al-Qur’an, mukjizat Alquran menyatakan di dunia nyata bahwa Alquran adalah obat penyakit yang bersemayam di dada manusia. Penyakit pada tubuh manusia tidak hanya terjadi dalam bentuk penyakit fisik saja, tetapi bisa juga berupa penyakit mental atau psikis, misalnya berhubungan dengan depresi menurut Islam. Perasaan manusia tidak selalu tenang dan terkadang merasa marah, cemburu, cemburu, takut dan sebagainya.

Manfaat membaca dan mengamalkan Alquran dapat terhindar dari berbagai penyakit lever. Al-Quran hanya berupa tulisan, namun keutamaan membaca Al-Quran dapat membawa pencerahan bagi siapa saja yang beriman. Ketika hati seseorang terbuka pada Alquran, mereka dapat menyembuhkan dirinya sendiri sehingga perasaannya menjadi lebih tenang dan bahagia ketika berada di jalan Allah.


  • Al-Mau’izah (Nasihat)

Al-Quran juga berperan sebagai penasehat umat beriman dan sebagai sumber utama ajaran Islam. Ada banyak ajaran, nasehat dan peringatan tentang kehidupan di dalam Alquran bagi mereka yang bertakwa dan berjalan di jalan Allah. Nasihat yang terkandung dalam Alquran biasanya berkaitan dengan suatu peristiwa atau kejadian yang dapat menjadi pelajaran bagi masyarakat di masa sekarang atau yang akan datang.

Baca Juga :  Pengertian 9Wali: Nama-nama 9Wali, Biografi serta Sejarahnya

Nasehat dan peringatan ini penting karena kita sebagai manusia sering dihadapkan pada berbagai masalah dan harus ditemukan solusinya dalam ajaran agama. Bagaimana kita berurusan dengan tetangga, suami, orang tua, dan bahkan musuh kita diajarkan dalam Alquran.


Fungsi Al-Quran Sebagai Sumber Ilmu

Alquran berisi ilmu yang bermanfaat bagi manusia sebagai sumber hukum, sejarah dan lain-lain. Pengetahuan ini sangat berguna bagi umat manusia. Beberapa disiplin ilmu yang diturunkan dari Alquran meliputi:


  • Ilmu Tauhid

Ilmu Tauhid Islam adalah ilmu Kalam dalam Islam yang membahas tentang penguatan keimanan dalam Islam untuk menghilangkan keraguan. Tauhid itu sendiri artinya menegaskan Allah. Tidak jarang orang Muslim meragukan agama mereka karena berbagai alasan. Mempelajari ilmu tauhid dapat meyakinkan kita akan satu Tuhan, yaitu Allah SWT.


  • ilmu Hukum

Alquran juga membahas tentang hukum Islam. Sebagai Muslim yang baik, Anda harus bisa mempelajari hukum-hukum Islam seperti hukum nikah, perhitungan waris, dan lain sebagainya. Alquran merupakan sumber hukum Islam yang perlu kita pelajari lebih lanjut agar kita bisa menjadi muslim yang taat dan berilmu.


  • Ilmu Tasawuf

Pengertian tasawuf merupakan ilmu tasawuf dalam islam untuk mengetahui bagaimana mensucikan jiwa, memperjelas akhlak atau biasa dikenal dengan tasawuf akhlaki dan membangun dzahir dan budi sehingga hubungan akhlak dan tasawuf akan berbahagia dalam jangka panjang. Sufisme telah berkembang sejak zaman Nabi Muhammad. Kita pasti tahu bagaimana Nabi Muhammad SAW pergi ke gua Hira dan melakukan banyak dzikir. Para sufi kemudian meniru apa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Apa Fungsi Al Quran? semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: