Fungsi Monitor

Fungsi Monitor dan Jenisnya Lengkap!!

Diposting pada

Fungsi Monitor dan Jenisnya Lengkap!!_ Salah satu bagian dari perangkat keras di komputer yang jelas sudah Anda ketahui adalah monitor. Namun, banyak dari mereka yang tidak benar-benar mengetahui apa itu monitor dan bahkan apa fungsinya.

Tidak hanya perlu mengetahui tentang fungsi-fungsi monitor, jenis monitornya pun mengikuti evolusi teknologi yang ada. Monitor, atau bisa juga disebut layar komputer, merupakan salah satu perangkat keluaran.

Monitor itu sendiri adalah perangkat keras sebagai keluaran data grafik. Selain itu, fungsi monitor ini juga dapat menghasilkan video. Anda tidak dapat menggunakan monitor ini secara terpisah dari CPU pada perangkat komputasi.

Layarnya sendiri memiliki ukuran yang berbeda-beda. Selain itu, bentuk layar ini hampir mirip dengan layar TV. Namun, layar televisi dapat menampilkan grafik dengan resolusi yang lebih tinggi daripada monitor komputer.

Agar Anda lebih tahu apa saja jenis dan fungsi monitor yang ada, Anda akan menemukan penjelasannya di sini.


Fungsi Monitor

Monitor bekerja dan mempunyai tugas untuk menampilkan semua data yang telah diproses, baik itu teks, gambar atau video yang berasal dari hasil proses.

Semua monitor memiliki resolusi yang berbeda saat menampilkan gambar yang dihasilkan dari perangkat pengolah. Misalnya, layar 17 inci memiliki resolusi 1024 x 768.

Inci adalah ukuran diagonal pada monitor, sedangkan resolusi adalah lebar dan tinggi piksel yang menentukan kualitas gambar yang ditampilkan di monitor.


Jenis Monitor

  • CRT (Chatode Ray Tube)

CRT (Chatode Ray Tube)

Monitor ini sering juga disebut sebagai monitor CRT, dan ada alasan mengapa monitor ini dinamakan demikian karena di dalamnya terdapat media tabung sinar katoda.

Baca Juga :  Fungsi Mouse: Pengertian, Cara Kerja Jenis Manfaat dan Sejarah Mouse

Monitor ini mengirimkan berkas elektron ke titik-titik kecil di layar.

Monitor ini bekerja dengan cara yang hampir sama seperti TV tabung yang berat dan besar, tetapi harganya murah.


  • LCD (Liquid Crystal Display)

LCD (Liquid Crystal Display)

Monitor ini tidak lagi menggunakan tabung vakum untuk menampilkan gambar, melainkan menggunakan media kristal cair.

Teknologi ini memancarkan cahaya melalui kristal cair dan kemudian secara elektrik memancarkannya untuk membentuk panel datar kecil.

Monitor ini memiliki resolusi yang lebih tinggi dari monitor CRT, tetapi ukuran monitor LCD-nya lebih kecil.


  • LED (Light Emitting Diode)

LED (Light Emitting Diode)

Bentuk LED lebih ramping, juga lebih ramping dari monitor LCD. Monitor jenis ini juga memiliki keunggulan yaitu menggunakan daya yang lebih sedikit dibandingkan monitor LCD. Namun, monitor jenis ini harganya mahal.


  • Monitor Plasma

Monitor Plasma

Ada gas neon yang dialiri listrik pada monitor ini yang menghasilkan piksel. Gas neon ini terletak di antara dua pelat kaca.

Monitor ini memiliki kualitas gambar yang lebih baik karena proses pembuatan gambar dilakukan secara langsung tanpa dijelaskan sebelumnya.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Monitor dan Jenisnya Lengkap!! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare ūüôā

Baca juga artikel lainnya tentang: