Pegertian Komunikasi: Fungsi, Tujuan, Model, Jenis, Asal Kata

Diposting pada

Pegertian Komunikasi: Fungsi, Tujuan, Model, Jenis, Asal Kata – Komunikasi memiliki peran sangat penting dalam kehidupan kita, baik secara individu, kelompok, maupun dalam organisasi, termasuk dalam hubungan antar negara atau antarbangsa, setiap hari anda pasti melakukan komunikasi.

Hasil penelitian menunjukkan, sekitar 70% waktu bangun manusia digunakan untuk berkomunikasi  mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis, dari 70% waktu komunikasi , kita menghabiskan 16% waktu untuk membaca, 9% untuk menulis, 30% untuk berbicara, dan 45% untuk mendengarkan.


Pengertian Komunikasi

Pegertian Komunikasi: Fungsi, Tujuan, Model, Jenis, Asal Kata

Komunikasi ialah suatu proses penyampaian informasi pesan, ide, gagasan dari satu sisi ke sisi lain, pada umumnya komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak, apabila tiadak ada  bahasa lisan yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak gerakan badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu, cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.


Asal Kata Komunikasi

Kata komunikasi ‘’communication’’, menurut Oxford Dictionary of English, berasal dari bahasa Latin, communis, yang artinya  sama. Akar kata komunikasi lainnya ialah communico, communicatio, dan communicare yang berarti membuat sama,  atau berbagi.

Komunikasi terjadi bila ada kesamaan pemahaman antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan, komunikasi disebut efektif bila pesan yang disampaikan dapat ditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut, kita memualai komunikasi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, komunikasi dilakukan antara lain melalui lisan, tulisan, visual, bahasa tubuh, dan melalui media.


Pengertian Komunikasi Menurut Umum

Pengertian komunikasi secara umum ialah aktivitas seseorang untuuk penyampaian pesan informasi, ide, gagasan, pemikiran secara lisan tulisan dan sinyal atau visual.


Pengertian Menurut Para Ahli

  • Onong Uchjana Effendy

Komunikasi adalah cara penyampayan pesan dari  seseorang  kepada orang lain, untuk memberitahu, mengubah tingkah laku, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan, langsung  ataupun tidak langsung


  • Raymond Ross

Komunikas i merupakan cara memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu pendengar membangkitkan respons, makna dari pemikiran yang sama dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.


  • Gerald R. Miller

Komunikasi akan terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk memengaruhi perilaku mereka.


  • Carl I. Hovland

Komunikasi merupakan suatu proses yang mengharuskan seseorang menyampaikan rangsangan, biasanya dengan menggunakan lambang verbal untuk mengubah perilaku orang lain.


  • New Comb

Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima.


  • Bernard Barelson & Garry A. Steiner

Komunikasi merupakan cara menyebarkan informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb.

Komunikasi adalah proses dimana unsur unsur saling menggunakan informasi  untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.


  • Forsdale

Pengertian komunikasi menurut Forsdale seorang ahli pendidikan ilmu komunikasi, bahwa komunikasi ialah suatu proses dimana suatu sistem dibentuk, dipelihara, dan diubah dengan tujuan bahwa petujuk petunjuk yang dikirim dan diterima, dilakukan sesuai dengan aturan.

Komunikasi ialah bahasa yang dipakai sehari-hari dalam menyampaikan pesan atau rangsangan, yang terbentuk melalui sebuah proses yang melibatkan dua orang atau lebih, dimana satu sama lain memiliki peran dalam membuat pesan, mengubah isi dan makna, merespon pesan atau rangsangan tersebut, serta memeliharanya di ruang publik. Dengan tujuan sang receiver (komunikan) dapat menerima tanda tanda atau pesan yang dikirimkan oleh source (komunikator).


  • William J. Seller

William J.Seller menyebutkan bahwa komunikasi merupakan proses dimana tanda verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti. Komunikasi yaitu pesan yang diberi kepada penerima dari sumber melalui hubungan hubungan tertentu baik secara langsung atau tidak langsung dengan maksud memberikan dampak atau effect kepada penerima sesuai dengan yang diingikan komunikator.


Fungsi Komunikasi

Beberapa fungsi dari komunikasi:

  • Sebagai Informasi. Komunikasi memberikan suatu informasi yang diperlukan oleh setiap individu maupun kelompok dalam mengambil suatu keputusan dengan meneruskan data untuk menilai beberapa pilihan yang akan diputuskan, sebagai Kendali.
  • Fungsi komunikasi sebagai kendali memiliki arti bahwa komunikasi berperan untuk mengendalikan perilaku orang lain atau anggota, dalam beberapa cara yang harus dipatuhi oleh semua pihak.
  • Sebagai Motivasi. Komunikasi menyampaikan dalam hal memotivasi melalui penjelesan yang dilakukan oleh para motivator.

Tujuan Komunikasi

Supaya yang disampaikan bisa dimengerti oleh komunikan, maka penyampa  harus menjelaskan pesan utama dengan jelas dan sedetail mungkin, supaya bisa memahami orang lain.

Dengan melakukan komunikasi, setiap seseorang bisa memahami orang lain dengan kemampuan mendengar apa yang sedang dibicarakan orang lain, agar pendapat kita diterima orang lain.

Komunikasi serta pendekatan persuasif adalah cara supaya gagasan kita diterima oleh orang lain, untuk melakukan sesuatu sesuai keinginan kita.


Unsur Komunikasi Menurut Harold Lasswell

Komunikasi pada dasarnya adalah suatu proses yang menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau hasil apa? ‘’who? says what? in which channel? to whom? with what effect?’’.

Analisis unsur menurut Lasswell

  1. Who? Siapa sumber/komunikator adalah pelaku utama/pihak yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi atau yang memulai suatu komunikasi,bisa seorang individu,kelompok,organisasi,maupun suatu negara sebagai komunikator.
  2. Says What? semua yang akan dikomunikasikan terhadap penerima, dari sumber, atau isi informasi, merupakan seperangkat simbol verbal maupun non verbal yang mewakili perasaan,nilai,gagasan dan maksud sumber tadi.

Komponen pesan yaitu makna,simbol untuk menyampaikan makna,dan bentuk organisasi pesan.

In Which Channel? hubugan atau media, wahana,alat untuk menyampaikan pesan dari komunikator ’’sumber’’ kepada komunikan penerima baik secara langsung maupun tidak langsung, yang melalui media cetak atau elektronik.

To Whom? untuk siapa atau penerima,orang, kelompok, organisasi, suatu negara yang menerima pesan dari sumber, sebut makna ‘’destination’’, pendengar ‘’listener’’ khalayak audience’’, komunikan, penafsir, penyandi balik ‘’decoder’’.

With What Effect? Dampak atau efek yang terjadi pada penerima setelah menerima pesan dari sumber,seperti perubahan sikap,bertambahnya, pengetahuan, dan sebagainya.

Contoh: Komunikasi antara guru dan muridnya, guru sebagai komunikator harus mempuyai  pesan yang jelas yang akan disampaikan kepada murid atau komunikan, setelah itu guru juga harus menentukan saluran untuk berkomunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung.

Setelah itu guru harus menyesuaikan topik, diri atau tema yang sesuai dengan umur si penerima,juga harus menentukan tujuan komunikasi atau maksud dari pesan agar terjadi dampak  pada diri penerima sesuai dengan yang diinginkan.


Model Komunikasi

Dari berbagai  macam model komunikasi yang sudah ada, disini akan dibahas tiga model paling utama, serta akan dibicarakan pendekatan yang mendasarinya dan bagaimana komunikasi dikonseptualisasikan dalam perkembangannya.


  • Model Komunikasi Linear

Komunikasi linear merupakan suatu proses penyampaian pesan dari seorang komunikator kepada komunikan secara langsung maupun tidak langsung yang memanfaatkan berbagai media komunikasi, dimana komunikasi  ini hanya terjadi satu arah saja tanpa terjadi timbal balik terhadap pesan yang disampaikan komunikator,hasilnya merupakan konseptualisasi dari komunikasi linear , stategi ini terdiri atas beberapa elemen kunci:  sumber , pesan dan penerima.

Model linear berasumsi bahwa seseorang hanyalah pengirim atau penerima,tentu saja hal ini menjadi pandangan yang sangat sempit terhadap partisipan partisipan dalam proses komunikasi, suatu konsep penting dalam model ini adalah gangguan , yakni setiap rangsangan tambahan dan tidak dikehendaki yang dapat mengganggu kecermatan pesan yang disampaikan. Gangguan ini selalu ada dalam saluran bersama sebuah pesan yang diterima oleh penerima.


  • Model Interaksional

Model interaksional ini dikembangkan oleh Wilbur Schramm pada tahun 1954 yang menekankan pada proses komunikasi dua arah di antara para komunikator, dengan kata lain. Komunikasi terjadi dua arah dari pengirim dan kepada penerima dan dari penerima kepada pengirim.

Proses melingkar ini menunjukkan bahwa komunikasi selalu berlangsung, para ahli komunikasi menurut model interaksional adalah orang-orang yang mengembangkan potensi manusiawinya melalui interaksi sosial, tepatnya melalui pengambilan peran orang lain patut dicatat bahwa model ini menempatkan sumber dan penerima mempunyai kedudukan yang sederajat. Satu elemen yang penting bagi model interkasional adalah umpan balik (feedback), atau tanggapan terhadap suatu pesan


  • Model Transaksional

Model komunikasi transaksional dikemukakan oleh  Barnlund pada tahun 1970, model ini menggarisbawahi pengiriman dan penerimaan pesan yang berlangsung secara terus-menerus dalam sebuah episode komunikasi, komunikasi bersifat transaksional merupakan proses koperatif pemberi dan penerima sama sama bertanggungjawab terhadap dampak dan efektivitas komunikasi yang terjadi. Model transaksional berfikir bahwa saat kita terus menerus mengirimkan dan menerima pesan, kita berurusan baik dengan elemen verbal dan nonverbal, dengan kata lain ahli komunikasi (komunikator) melalukan proses negosiasi makna.


Jenis-Jenis Komunikasi

Jenis-jenis komunikasi cukup banyak dari sisi cara, pesan, dan sifatnya. Secara umum, komunikasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu verbal dan non-verbal, termasuk di dalamnya komunikasi lisan (speaking) dan tulisan (writing).


Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal adalah komunikasi menggunakan kata-kata, baik lisan (vokal) maupun tulisan (tertulis), dengan media bahasa.


Komunikasi non-verbal

Komunikasi non-verbal adalah komunikasi tanpa menggunakan kata-kata. Komunikasi non-verbal juga dibagi lagi menjadi dua:

  • Komunikasi non-verbal menggunakan suara desah, jeritan, menggumam, menggerutu, kualitas vocal, gaya bicara, intonasi.
  • Komunikasi non-verbal non-vocal: gerakan, penampilan, ekpresi wajah, bahasa isyarat, bahasa tubuh (body language), gerak anggota badan (gesture), ekspresi wajah, kontak mata; pakaian, potongan rambut.

Jenis Komunikasi Menurut Kelangsungannya

  • Komunikasi Langsung (direct communication).
    Komunikasi tatap muka atau berhadap-hadapan (face to face)
  • Komunikasi tidak langsung (indirect Communication).

Menggunakan media atau perantara, seperti telepon, surat, email, atau media massa.


Jenis Komunikasi Menurut Cara Penyampaianya

  • Komunikasi lisan.
  • Komunikasi tulisan.

Jenis Komunikasi Menurut Jumlah Komunikan (Audiens)

  • Komunikasi intrapersonal (Intrapersonal Communication).
  • Komunikasi antarpribadi (Interpersonal Communication).
  • Komunikasi kelompok (Group Communication).
  • Komunikasi massa (Mass Communication).
  • Komunikasi Publik (Public Communication.)

Jenis Komunikasi Menurut Isi Pesan atau Topik

  • Komunikasi Politik.
  • Komunikasi Budaya.
  • Komunikasi Olahraga.
  • Komunikasi Pembangunan.
  • Komunikasi Dakwah.

Jenis komunikasi dalam organisasi

  • Komunikasi vertical

Komunikasi adalah komunikasi dari atas ke bawah, dari bawah ke atas atau komunikasi dari pemimpin ke bawahan dan  dari bawahan ke pimpinan secara timbal balik.


  • Komunikasi horizontal

Komunikasi horizital adalah komunikasi antara karyawan dengan karyawan dan komunikasi ini sering kali berlangsung tidak formal, berlainan dengan komunikasi vertikal yang terjadi secara formal.


  • Komunikasi diagonal

Komunikasi dialog atau silang yaitu seseorang dengan orang lain yang satu dengan yang lainnya berbeda dalam kedudukan dan bagian.

Demikian ulasan tentang Pegertian Komunikasi: Fungsi, Tujuan, Model, Jenis, Asal Kata Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga artikel lainnya tentang: