Pengertian XAMPP Menurut Para Ahli: Bagian, Fungsi, Kelebihan

Diposting pada

Pengertian XAMPP Menurut Para Ahli: Bagian, Fungsi, Kelebihan – Istilah software mungkin terdengar asing di telinga masyarakat pada umumnya namun bagi kalian yang menekuni bidang TIK khususnya developer web pasti sudah cukup familiar, tidak dapat dipungkiri bahwa website sudah menjadi hal yang paling vital mengingat kemajuan trend teknologi berbasis internet saat ini.

Karena itu kegiatan membuat dan mengelola web tentunya menjadi sangat diminati oleh banyak orang, salah satu software penting yang harus dimiliki oleh para developer web pemula adalah XAMPP. Disadari atau tidak meskipun banyak yang sudah lama menggunakan software XAMPP ini namun kurang paham mengenai definisi dan cara kerjanya.

Sebagai pengguna yang baik tentunya kalian harus mengerti software seperti apa yang sedang digunakan, hal ini juga semakin mengoptimalkan kinerja kalian. Namun jangan khawatir karena dalam kesempatan ini kami akan mengulas lebih dalam mengenai software XAMPP beserta fungsi dan bagian – bagian yang tentunya harus kalian pahami sebagai developer web yang bijak. Langsung saja ulasan lengkap mengenai pengertian XAMPP dapat anda simak dibawah ini.


Pengertian XAMPP

XAMPP adalah software aplikasi pengembang yang digunakan untuk pengembangan website berbasis PHP dan sebagai server untuk local dalam pembuatan data base dengan MySql. XAMPP merupakan software yang mudah untuk digunakan, dan mendukung instalasi di Linux dan Windows.

XAMPP merupakan penyediaan perangkat lunak ke dalam sebuah paket, dengan menginstall XAMPP maka tidak perlu lagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstalasi dan mengkonfigurasikan secara otomatis untuk kalian atau auto konfigurasi.

XAMPP dikembangkan dari sebuah tim bernama Apache Friends, terdiri dari Tim Inti (Core Team), Tim Pengembang (Development Team) dan Tim Dukungan (Support Team), sampai saat Apache friend masih mengembangkan aplikasi XAMPP, namun masing-masing huruf dari kata Xampp memiliki maknanya tersendiri, seorang pengguna web harus tahu apa arti dari kata Xampp ini.


 Bagian-bagian XAMPP

  • X

Kenapa disebut dengan system operasi? Karena XAMPP dapat dijalankan ke 4 OS besar yang sering digunakan oleh pengguna komputer saat ini, dan 4 OS tersebut tidak lain adalah Windows, Linux, Mac OS dan Solaris.


  • A

(Apacahe) merupakan aplikasi web server bersifat opensource berarti gratis dan bisa diedit oleh penggunanya, tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web, bila diperlukan berdasarkan kode PHP yang dituliskan,maka dapat suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.


  • M

Adalah untuk mewakili MSQL. SQL merupakan kepanjangan dari Structured Query Language merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah databasekita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah dan menghapus data yang berada dalam database.


  • P

Dalam xampp berarti php. Dalam xampp struktur pemogramannya banyak menggunakan web php, bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa untuk membuat web yang bersifat server-side scripting, memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis, sistem basis data digunakan PHP, tetapi PHP mendukung sistem management database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL.


  • P

Mewakili Perl. Perl adalah bahasa pemograman untuk segala keperluan, dikembangkan oleh Larry Wall di mesin Unix, perl dibuat pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1, pada versi selanjutnya, Perl tersedia untuk berbagai sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), dan tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.

Dukungan terhadap pemrograman berbasis objek (object oriented programming/OOP) ditambahkan pada Perl 5, yang pertama kali dibuat pada tanggal 31 Juli 1993, proyek pengembangan Perl 6 dimulai pada tahun 2000 dan masih berlangsung sampai sekarag tanpa tanggal yang jelas kapan mau dibuat, dikatakan oleh Larry Wall dalam satu pidatonya yang dikenal dengan seri The State of the Onion.

Melalui XAMPP para web developer dapat menguji aplikasi web yang dikembangkan dan mempresentasikan secara langsung kepada orang lain tentang web yang dibangun komputer tanpa memerlukan koneksi internet, artinya membuka web secara offlline.

XAMPP berperan sebagai local host, yaitu server yang digunakan sebagai hosting website, sehingga dapat digunakan dalam mengembangkan aplikasi web berbasis database juga, software XAMPP banyak digunakan oleh kalangan pemograman web, di mana para pembuat web dapat membangun web tanpa bantuan koneksi internet.


Fungsi XAMPP

Fungsi XAMPP adalah sebagai server yang berdiri sendiri, yang terdiri dari program antara lain: Apache HTTP Server, MySQL database dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.

Program ini tersedia didalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis dengan PHP secara offline karena XAMPP memiliki Apache sebagai server HTTP local, kita juga dapat membuat database dengan MySQL sebagai DBMS menggunakan phpMyAdmin.


Kelebihan XAMPP

Kelebihan XAMPP sebagai web server software adalah sebagai berikut :

  • XAMPP berjalan pada background sehingga tidak mengganggu aktivitas lainnya.
  • Service tetap berjalanbila sistem di-log off, jika sebagai server, pengaturan lalulintas data harus tetap berjalan.
  • Dapat membatasi kewenangan tiap akun yang mengakses, jadi keamanan lebih terjamin.

Bagian-bagian Penting Pada XAMPP

Bagian-bagian penting XAMPP sbb:

  • Htdocs

Htdocs folder adalah suatu folder di dalam directory instalan lampp dimana folder ini berfungsi untuk menyimpan setiap file-file yang dapat kalian akses nantinya dalam browser kalian phpMyAdmin.

phpMyAdmin merupakan suatu software khusus untuk mengelola administrasi MySQL. Jika pada Htdocs menyimpan file – file tampilan web anda maka di phpMyAdmin ini terdapat semua database yang kalian gunakan untuk keperluan website.


  • Control Panel

Control Panel dapat mengontrol XAMPP dengan lebih efektif, mulai dari mengatur setting website, database, dan masih banyak lagi. Dalam dunia hosting lebih dikenal istilah CPanel.

Dengan adanya software ini, web developer dapat dengan mudah membuat dan mengolah suatu website, entah itu website personal maupun perusahaan. Kehadiran XAMPP sangat membantu, terlebih software berlisensi GNU dan dapat anda download secara gratis.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Pengertian XAMPP Menurut Para Ahli: Bagian, Fungsi, Kelebihan semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: