7 Pengertian Strategi Pemasaran 4P dan 7P

Diposting pada

7 Pengertian Strategi Pemasaran 4P dan 7P – Strategi Pemasaran 4P dan 7P Kalian tahu apa itu 4P dalam marketing? Nah kali ini saya akan membahas nya mengenai 4P menurut markrting agar kalian paham dan memahaminya serta menambah pengetahuan kalian. Untuk lebih jelas nya mari baca artikel di bawah ini dengan sesama.


Pengertian 4P Dalam Marketing

Dasarnya marketing yaitu sebuah ilmu untuk dapat mempromosikan, mendistribusikan dan menjual produk untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.

Pengertian marketing ini semakin berkembang karena mengikuti perkembangan jaman. Dan terdapat juga pengertian marketing mix 4p dalam ilmu marketing. Perngertian marketing mix ini tentunya hasil dari beberapa pengertian dalam mendefinisikan sebuah kegiatan marketing.

Pengertian marketing mix dalam ilmu marketing ini adalah campuran dari factor-faktor penjualan yang dapat dipergunakan oleh suatu perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang diinginkan dalam pasar sasaran (Kotler, 2000).


Dari pengertian tersebut terdapat istilah factor  marketing, faktor marketing ini terdapat yang utama dalam 4P, yaitu :

  • Product (Produk)

Dalam elemen ini ada banyak hal yang diatur. Mulai dari bentuk produk, layanan yang diberikan dalam produk, mengenai ketersediaan garansi dan juga hal-hal yang berhubungan dengan pengembalian produk. Dalam elemen ini dibahas segala sesuatu yang berhubungan dengan produk.


  • Price (Harga)

Dalam elemen ini ada prinsip mengenai strategi pemberian harga produk. Dalam pemberian harga produk juga perlu di atur dengan strategi baik dalam harga net, mengenai diskon, mengenai pembayaran dan juga hal-hal lainnya yang berhubungan dengan strategi pemberian harga.


  • Promotion (Promisi)

Promosi berhubungan dengan strategi penjualan, contohnya mengenai pengiklanan, promosi penjualan, personal selling, direct marketing serta penjualan pada personal.


  • Place (Tempat)

Yang dimaksud dengan place disini adalah mengenai distribusi. Artinya adalah strategi mengenai cakupan distribusi, mengenai fasilitas penyimpanan, mengenai transportasi dan hal-hal lainnya.

Bauran penjualan 4P ini merupakan strategi yang baik dan terbukti menyukseskan banyak perusahaan yang menggunakannya. Akan tetapi Bauran penjualan ini masih memiliki kekurangan dan mendapatkan banyak kritis sehingga banyak pakar dalam dunia penjualan kemudian mencoba mencari solusi baru untuk menciptakan Bauran penjualan yang lebih kuat. Salah satunya adalah Bauran penjualan 7P.

Bauran penjualan 7P merupakan hasil penyempurnaan dari bauran penjualan 4P, kemudian apa saja yang ada di dalam bauran penjualan 7P ini? Berikut ini adalah ulasannya.


  • Product (produk)

Dalam penjualan jasa tidak sama dengan penjualan barang. Perusahaan jasa memberikan produk dalam program-program yang dibutuhkan oleh masyarakat. Unsur yang harus dan wajib dilakukan antara lain seperti perencanaan jasa yang sesuai, pengembangan yang dilakukan pada program jasa yang baru ataupun yang lama untuk diperbarui menjadi lebih baik, dan tentunya mengambil beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi produk jasa agar dikenal konsumen.


  • Price (Harga)

Sistem menajemen seperti yang disebutkan pada pengertian bauran penjualan tentu membutuhkan pengelolaan dana yang baik dan sesuai. Sebelum menentukan harga pada produk jasa, kalian harus dapat memperhatikan segala elemen yang sekiranya akan mengeluarkan dana tambahan. Contoh bauran penjualan dalam produk jasa adalah kalian perlu mempertimbangkan harga setelah mengalami potongan, ongkos kirim atau angku barang, dan bahkan variabel lain yang tentunya bersangkuran dengan usaha tersebut.


  • Place ( Tempat)

Tempat distribusi tentu harus dipilih yang paling sesuai dan tepat dengan sasaran. Anda harus dengan cermat mengetahui tempat yang paling strategis untuk mengembangkan usaha Kalian. Selain itu apabila diperlukan, pilih sistem distribusi seperti pengiriman yang terbaik jika diperlukan oleh usaha Kalian.


  • Promotion (Promosi)

Tidak semua orang dapat mengenal jasa Kalian. Namun bauran penjualan dengan sistem promosi dapat memperluas jaringan hingga ke pelosok daerah jika Kalian menggunakan promosi yang tepat. Promosi ini selain memperkenalkan juga dapat membujuk masyarakat untuk menggunakan produk jasa dari bisnis Kalian. Biasanya konsep bauran penjualan metode promosi ini membutuhkan bantuan media lain sebagai penyedia atau bahkan pembuat iklan (Lihat Contoh Iklan Menarik). Media yang dapat Kalian gunakan seperti media cetak, media elektronik, atau yang sekarang ini terbaru dan dapat diakses dengan mudah adalah media sosial.


  • Physical Evidence

Physical Evidence inilah yang tidak ada dalam unsur bauran penjualan produk barang. Namun sangat penting dalam penjualan jasa. Physical Evidence atau disebut sarana fisik merupakan hal yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen agar menggunakan produk jasa bisnis Kalian. Sarana fisik ini meliputi lingkungan ataupun bangunan fisik lengkap yang nyaman saat konsumen datang, peralatan lengkap untuk memperlihatkan kesiapan usaha jasa Kalian, perlengkapan memadai, warna pada perusahaan jasa, bahkan Kalian dapat menggunakan logo yang menarik perhatian untuk membuat konsumen yakin dengan jasa yang akan Kalian berikan.


  • People

Setiap orang dalam penjualan jasa memiliki peran penting mulai dari perencanaan hingga penyajian jasa yang harus dengan tepat mempengaruhi pembeli untuk mencoba usaha jasa Kalian. Apabila Kalian melihat dalam teori bauran penjualan, maka Kalian harus dengan cermat memilih pegawai yang tepat, dan tentunya pelayanan yang memuaskan kepada konsumen. Salah satu hal yang penting dalam dunia usaha jasa. Penampilan dapat menentukan penyampaian yang Kalian berikan kepada calon konsumen. Tidak heran jika kerapian menjadi hal nomor satu dalam perusahaan jasa.


  • Process

7p yang terakhir adalah Process. Proses merupakan mekanisme yang berjalan dari awal hingga akhir. Segala prosedur harus sesuai dengan strategi Kalian, agar dapat memiliki target yang maksimal. Teknik yang bagus memiliki dampak yang bagus untuk penjualan jasa misal pengertian bauran penjualan menurut para ahli yang mengatakan bahwa apabila penjualan jasa memiliki pelayanan dan proses yang baik, maka akan terdapat banyak sekali konsumen datang dan bahkan menjadi pelanggan setelah mendapatkan apa yang dibutuhkannya. Hal seperti proses ini harus dijadikan tumpuan utama bagi para pengusaha yang ada di bidang jasa.


Menurut Para Ahli

  • Menurut Kotler & Armstrong

 Marketing mix adalah alat penjualan taktis yang dapat dikendalikan, produk, harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam pasar sasaran.


  • Alma

Marketing mix adalah strategi mengkombinasikan kegiatan-kegiatan marketing, agar tercipta kombinasi maksimal sehingga memunculkan hasil paling memuaskan.


  • Sumarmi dan Soeprihanto

 Marketing mix adalah kombinasi dari produkl atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem penjualan yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi, dengan kata lain marketing mix  adalah kumpulan dari produk yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen.


  • Product (Produk)

Menurut Sumarni dan Soeprihanto. “Produk adalah setiap apa saja yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan”. Produk tidak hanya selalu berupa barang tetapi bisa juga berupa jasa ataupun gabungan dari keduanya (barang dan jasa).


  • Price (Harga)

Menurut Sumarni dan Soeprihanto, harga adalah, Jumlah uang (ditambah beberapa produk kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya. Setelah bahan yang diproduksi siap untuk dipasarkan kemudian perusahaan akan menentukan harga dari produk tersebut.


  • Place (Tempat)

Tempat marketing mix biasa disebut dengan saluran distribusi dimana produk tersebut sampai kepada konsumen. Definisi dari Sumarni dan Soeprihanto, tentang saluran distribusi adalah, “Saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau industri pemakai”


  • Promotion (Promosi)

Menurut Tjiptono, pada dasarnya promosi iyalah suatu bentuk komunikasi penjualan. Komunikasi penjualan adalah aktivitas yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk, dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

Berdasarkan teori-teori di atas, maka dapat disimpulkan bahwa bauran penjualan adalah suatu kelompok komponen penjualan yang terdiri dari 4P: product, price, place dan promotion yang saling terkait satu sama lain, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen serta mencapai tujuan perusahaan.


Sejarah dan Perkembangan Bauran Penjualan

Di awal artikel kita sudah membahas sedikit banyak mengenai teori bauran penjualan ini. Untuk lebih lengkap mengenai sejarah ini berikut ini adalah ulasannya.


  • Masa James Culliton

Dikatakan bahwa pertama kali munculnya bauran penjualan disebabkan oleh artikel dari Culliton yang berjudul The Management of Marketing pada tahun 1948. Dalam artikel ini disebutkan bahwa seorang eksekutif bisnis merupakan Mixer of ingredient yang kadang menyiapkan resepnya sendiri dalam membangun perusahaan dan kadang menggunakan resep orang lain dan mencampurkannya sendiri untuk perusahaannya. Pengertian mengenai Mixer of Ingredient yang menjadi pertama kali dari keberadaan bauran penjualan.


  • Masa Neil Borden

Setelah membaca artikel dari Culliton, Neil kemudian memiliki gagasan sendiri mengenai Mixer of Ingredient ini. Dimana seorang eksekutif bisnis harus merupakan orang yang kreatif dalam melakukan pembauran prosedur dan kebijakan untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Lalu konsep ii dikatakannya dalam artikel yang berjudul The Concept of the marketing Mix. dalam artikel ini menurutnya dalam dunia penjualan ada 12 aspek yang perlu diperhatikan 7 aspek yang masuk dalam bauran penjualan 7P dan 5 aspek lainnya adalah packaging, displating, servicing, physical handling serta analisis.

Sesungguhnya 5 aspek ini sudah dimasukkan dalam ke dalam apek dalam 7P seperti packaging dan hal-hal yang berhubungan dengan produk dimasukkan dalam konsep product dan lainnya.


  • Masa Bauran Penjualan 4P

Untuk masa bauran penjualan 4P ini sudah dijelaskan di bab sebelumnya.


  • Masa Bauran Penjualan 7P

Masa bauran penjualan 7P dimulai pada tahun 1981 dikemukakan oleh Booms dan Bitner.

Namun diringkas memang mudah mengatakn bauran penjualan 7P. Akan tetapi pada pelaksanaannya ada banyak detail yang harus diperhatikan. Untuk Kalian yang sedang belajar membangun perusahaan yang sukses dan kuat, maka pastikan Kalian mempelajari bauran penjualan ini terlebih dahulu.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 7 Pengertian Strategi Pemasaran 4P dan 7P semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: