Pengertian 32 Bit dan 64 Bit: Kelebihan, Kekurangan, Sejarah!

Diposting pada

Pengertian 32 Bit dan 64 Bit: Kelebihan, Kekurangan, Sejarah!Dijaman yang semakin canggini ini membuat pengguna komputer semakin lebar. Dimana saat ini komputer menjadi salah satu perangkat ekektronik canggih yang paling dibutuhkan. Sebenarnya komputer merupakan alat elektronik canggih yang multifungsi yang dapat digunakan baik untuk kebutuhan dunia online maupun dunia offline. Karena memang pada dasarnya komputer digunakan sebagai sumber informasi dan komunikasi. Sehingga kehadiran komputer sangat membantu segala aktifitas pengguna dalam mengolah data dan mencari informasi lebih luas.

Salah satu pendukung kinerja pada perangkat komputer adalah sistem operasinya. Ada cukup banyak varian sistem operasi (OS) pada komputer diantaranya windows, ubuntu, macintos dan linux. Masing masing sistem operasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu sistem operasi yang paling sering dan paling sederhana digunakan pada komputer adalah windows. Nah pada sistem operasi windows ini memiliki 2 tipe yang berbeda yaitu windows 32 bit dan windows 64 bitLalu apa saja yg membedakan windows 32 bit dan windows 64 bit mari kit abaca dengan seksama.


Pengertian Bit

Bit merupakan cara komputer dalam mengolah informasi yang diartikan pada bentuk kode binary. Dimana bentuk kode yang terdapat pada angka itu dihitung sebagai satuan bit per satu digit. Misalnya processor berukuran 32 bit bisa menjalankan sebesar 32 digit sekaligus dalam penggunaannya. Meskipun dalam sistem OS 64 bit harus mempunyai CPU yang kuat untuk menjalankan windows versi itu. Biasanya dalam penggunaan OS 64 bit haus membutuhkan RAM kapasitas besar. Agar OS 64 bit lebih canggih dari pada OS 32 bit. Processor 32 bit kadang cuma mampu bekerja untuk mengolah data dengan maksimal kapasitas memori 4 GB dan dengan 1 DIIM memory kapasitas 2 GB.


Kelebihan dan Kekurangan Prosesor 64 Bit

Apa saja kelebihan dan kekurangan prosesor 64 bit, Yuk mari kita simak pemabajasannya dibawah ini:

  • Kelebihan 64 Bit

Sewajarnya, angka yang lebih tinggi akan menawarkan kemampuan yang lebih baik. Apa saja kelebihan dari prosesor 64 bit. Lihatlah kelebihan 64 bit dalam kemampuan memori dan aplikasi di bawah ini :

Dari sudut kemampuan, apabila kamu memakai smartphone dengan prosesor 64 bit kamu tidak akan merasakan perbedaan secara langsung. Akan tetapi 64 bit mempunyai kemampuan lebih baik dari 32 bit. Misalnya begini, apabila sebuah proses memerlukan nilai komputasi sebesar 128 bit. jika menggunakan prosesor 32-bit, proses tersebut akan diselesaikan dengan dua kali putaran, karena prosesor 32-bit hanya dapat menampung 64 nilai komputasi. sementara itu dengan prosesor 64-bit proses tersebut dapat diselesaikan hanya dengan satu kali putaran, karena prosesor 64-bit dapat menamping hingga 256 nilai komputasi. 64 bit lebih unggul dari 32 bit.

Dari sisi memori, faktor utama mengapa prosesor 64 bit dikembangkan adalah pada kapasitas memori. karena prosesor 32 bit tidak memiliki memori hanya mendukung RAM 4 GB saja. dengan perhitungan 2 ^ 32  = 4,2 miliar, nilai ini setara 4 GB.  Sementara itu prosesor 64 bit memiliki perhitungan 2^64 = 16 exabyte, nilai tersebut setara dengan 16 miliar gigabyte. Dari sisi aplikaksi, prosesor 64 bit bisa menjalankan aplikasi yang dibuat dengan arsitektur 32 bit dan 64 bit, berbeda dengan prossor 32 bit yang hanya bisa menjalankankan aplikasi dengan arsitektur 32 bit saja.


  • Kekurangan 64 Bit

Walaupun mempunyai kelebihan, prosesor 64 bit pun mempunyai kekurangan yaitu sebagai berikut:

Dari sisi kinerja , kemampuan prosesor 64 bit tidak bisa terasa secara langsung oleh pengguna. Sebab sekarang ini setengahnya aplikasi yang beredar masih membawa arsitektur 32 bit, maka kemampuan 64 bit tersebut masih belum bisa terpakai semuanya untuk saat ini. Dari sisi memori, Meskipun Prosesor 64 bit mendukung memori yang besar, namun kapasitas tersebut hanya bisa dipakai apabila kamu menjalankan aplikasi yang membutuhkan memori yang besar. padahal jarang aplikasi yang membutuhnkan memori besar, kecuali aplikasi tersebut adalah video game HD.

Dari sudut aplikasi, saat ini aplikasi yang tersebar belum memerlukann arsitektur 64 bit. Apalagi aplikasi 64 bit berjalan lebih lambat dari 32 bit sebab aplikasi ini harus menggunakan semua alokasi bit yang dimiliki prosesor 64-bit. Tidah hanya itu aplikasi 64 bit pun mempunyai ukuran yang lebih besar dari aplikasi 32 bit. Seluruh kelemahan 64bit tersebut adalah dari masalah dukungan aplikasi, jika melihat perkembangan prosesor 64 bit yang semakin meningkat, tentu para pengembang aplikasi 64 bit nantinya akan semakin banyak. jadi kekeurangan itu akan tertutupi seiring berjalannya waktu.


Kelebihan dan Kekurangan Windows 32 Bit

Apa saja kelebihan dan kekurangan prosesor 32 Bit, Yuk mari kita simak pemabajasannya dibawah ini:

Kelebihan 32 Bit

  •     Bisa menjalankan software dan aplikasi lama dengan menggunakan basis 16 bit.
  •     Lebih kompatibel dengan driver yang lebih lama. Cocok untuk laptop atau komputer lawas.
  •     Dapat bekerja dengan optimal meski hanya dengan RAM 2GB.

Kekurangan 32 Bit

  •     Hanya sedikit software baru yang kompatibel.
  •     Tidak bisa memakai RAM lebih besar dari 4GB.
  •     Tidak bisa digunakan untuk software After Effects.

Sejarah Artitektur 64 Bit

Seperti yang telah kita ketahui, prosesor pada awalnya hanya digunakan pada perangkat komputer, kemudian dikembangkan untuk handphone hingga disebutlah smartphone. Sebelum prosesor 64 bit dipakai dalam smartphone, Perangkat komputer sudah mengambil prosesor 64 bit. Prosesor 64 bit kali sibuat oleh AMD Althon 64. Kemudian datanglah berbagai rangkaian prosesor 64 bit.

Lalu pada tahun 2013, prosesor 64 bit mulai merambah ke smartphone. Apple Iphone 5s merupakan yang pertama yang mengadopsi prosesor 64 bit untuk perangkat mobile smartphone. Google juga tidak mau ketinggalan,dia membuat android Lolipop yang mendukung arsiterktur 64 bit. Dan di tahun 2015 inilah para produsen memerkan smartphone terbaru mereka dengan prosesor 64 bit.


Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit

  • Dilihat Dari Sisi RAM

Perbedaan yang paling banyak diketahui oleh para pengguna iyalah jumlah RAMnya yang bisa dipakai. Setiap basis sistem memiliki batasan yang berbeda. Windows yang berbentuk 32 bit mempunyai jumlah RAM yang lebih kecil dari 64 bit. Windows 32 bit mempunyai RAM hanya 3,2 GB saja dan akan bekerja lebih optimal ketika menggunakan RAM 1 atau 2 GB. Sebaliknya Windows 64 bit dapat mempridiksi hingga 4GB RAM. Bila dalam Windows 32 bit dipasangkan RAM sebesar 4GB maka yang akan teprikdiksi hanya 3GB saja. Hal itu dikarnakan adanya perbedaan arsitektur prosesor antara 32 bit dan 64 bit.


  • Performa Windows 32 Bit dan 64 Bit

Perbedaan bentuk Windows 32 dan 64 bit sesungguhnya ditentukan pada kemampuan prosesornya. Tentu saja jika dibandingkan, teknologi prosesor 64 bit lebih baru dari pada 32 bit. Windows 32 dan prosesor 32 bit mempnyai kemampuan di bawah 64 bit. Sehingga gabungan Windows dan prosesor tersebut cuma tepat untuk melakukan pekerjaan kecil dan membuka aplikasi yang tidak terlalu besar. Sebaliknya Windows dan prosesor 64 bit cocok digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih besar seperti desain, video editing, dll.


  • Kemampuan Memproses Data Pada Windows 32 Bit dan 64 Bit

Perbedaan arsitektur pada Windows dan prosesor 32 dan 64 bit tentu akan sangat berpengaruh pada performakomputer itu sendiri. Angka dari 32 dan 64 sebetulnya mengganti jumlah data yang dapat dibentuk dalam satu kali putaran. 32 bit artinya ketika melakukan satu kali proses, data yang dimuat adalah sebesar 32 bit. intinya dalam satu kali menjalankan data, Windows dan prosesor 64 bit lebih cepat dan maksimal.


  • Kompatibilatas Software Pada Windows 32 Bit dan 64 Bit

Perbedaan yang cukup berpengaruh juga adalah kompatibilitas software yang dapat digunakan. 32 bit tidak bisa menggunakan software 64 bit. Kebalikannya Windows 64 bit lebih bebas karena dapat menggunakan software 32 maupun 64 bit.


Arti 32 Bit dan 64 Bit Dalam Windows

Bit adalah cara computer mengatur informasi dalam wujud paswoad binary. Sedangakan istilah 32-bit dan 64-bit merupakan acuan kemampuan CPU (Central Processor Unit) dalam menangani bit-bit informasi.


  • Proses Data

Dalam suatu CPU, ada suatu register yang digunakan untuk mempercepat proses eksekusi informasi yang biasa dikenal dengan tempat penyimpanan data sementara. Sehingga arti dari 32bit ialah banyaknya data yang dapat di proses secara barengan hanya sampai 32 digit saja sedangkan 64-bit berarti 64 digit data yang dapat digunakan secara bersamaan.


  • Memori dan Register

Besarnya suatu bit berpengaruh pada pemanfaatan memori. Bila pada CPU terdapat register 32bit maka itu berarti CPU tersebut dapat mengakses sampai 32 alamat register. Dalam register 32-bit ada 2 perangkat yang bisa mengakses data sampai 4GB RAM dengan 1 DIIM memori kapasitas 2 GB. Sedangkan untuk pemakaian CPU dengan register 64-bit mempunyai perangkat dan alamat register dua kali lipat lebih banyak dari register 32-bit sehingga kemampuan mengakses datanya lebih banyak.

Memori yang dapat di akses register 64-bit mencapai 17 GB. Biasanya penggunaan 64-bit lebih banyak digunakan untuk seseorang yang berkecimpung di bidang desain grafis, karena banyak program desain grafis yang membutuhkan kapasitas perangkat dan alamat register yang lebih besar.


  • Operating System (OS)

Dalam proses memaksimalkan kerja computer, kita wajib menyesuaikan versi operating sistem dengan jenis penggunaan CPUnya. Jika tidak dilakukan, biasanya komputer kita akan menjadi lambat dalam menjalankan fungsinya. Contohnya, bila kita menggunakan CPU dengan register 64-bit maka lebih cocok digunakan pada sistem operasional windows 7 sedangkan register 32-bit digunakan pada jenis sitem operational windows XP.

Yang harus diketahui dalam penginstalan sistem operasi, kita bisa memakai system operasional 32-bit pada sistem operasional 64-bit, namun sebaliknya, kita tidak dapat menggunakan sistem operasi 64-bit pada sistem operasi yang berkapasitas 32-bit.


Manfaat 64-bit Dalam Sistem Komputer

Perpindahan dalam 32bit ke 64-bit pada sistem komputer mempunyaii beberapa manfaat praktis bagi penggunanya. Paling penting adalah efek pada kecepatas pemrosesan dan kapasitas memori.


  • Kecepatan dan Akurasi

Menggunakan ukuran kata 64-bit pekerjaan yang bisa ditangani processor dua kali lipat. Yang terpenting iyalah, spesifikasi x86-64 meningkatkan jumlah dasar register dari 8-16, yang membuat processor 64-bit secara teknis lebih cepat. Itupun berpengaruh pada ketepatan yang dapat dicapai oleh processor dalam pethitungannya, setelah semuanya, processor dapat menggunakan dua kali lipat bit untuk mewakili satu nomor. Dengan 64-bit, Kamu dapat membuat lebih dari 4 miliar kali lipat kombinasi seperti yang Kamu lakukan dengan 32-bit.


  • Dukungan Memori Lebih Besar

  1. Ram

Ketika bekerja dengan RAM komputer, alamat memori yang digunakan. Alamat memori ini menyampaikan lokasi instruksi atau data dalam memori fisik komputer. Meskipun telah dirancang banyak skema pengalamatan yang cerdas, jumlah alamat yang tersedia tergantung dengan jumlah maksimum bit yang menyusun itu. Agar komputasi 32-bit, 4 GB bisa secara teoritis diatasi. Jika Kamu memakai RAM lebih banyak dari sistem 32-bit, tidak ada jalan bagi processor untuk merujuk pada memori tambahan tersebut.Beberapa sistem operasi mencadangkan bagian memori yang tersedia untuk kernel. Windows misalnya, biasanya mengklaim 1 dan 2 GB untuk digunakan kernel, selanjutnya menurunkan jumlah memori yang tersedia untuk aplikasi di ruang pengguna. Jika Kamu ingin menggunakan lebih dari 4 GB RAM, sistem 64-bit memberikan solusi. Dengan penambahan 32 bit memberikan 64-bit skema batas pengalamatan dari 16 exabyte (16 Miliyar Gigabyte atau 16 Juta Terabyte). Pada kenyataannya, jumlah itu lebih rendah.


  1. Pemetaan Memori

Memori Komputer lebih cepat dari pengesavean komputer bahkan penyimpanan SSD. Pemetaan memori digunakan untuk mempercepat beberapa interaksi penyimpanan. Cara mudahnya apabila jumlah file sering diakses dari penyimpanan ke dalam memori komputer, itu akan mempercepat akses berikutnya. Pemetaan memori telah digunakan oleh sistem operasi, sehingga hal ini bukan merupakan sesuatu yang baru untuk komputasi 64-bit.


Memilih Antara Versi 64-bit atau 32-bit Office

  • Alasan untuk Memilih Versi 64-bit

Komputer yang menjalankan Windows versi 64-bit umumnya memiliki lebih banyak sumber daya, seperti memori dan daya pemrosesan, dibandingkan pendahulunya, versi 32-bit. Tidak hanya itu saja 64-bit juga bisa mengakses lebih banyak memori dari 32-bit (hingga 18,4 juta Petabyte). Oleh karena itu, jika skenario Kamu meliputi file berukuran besar dan/atau bekerja dengan himpunan data besar, dan komputer Kamu menjalankan Windows versi 64-bit, Office versi 64-bit adalah pilihan yang tepat ketika:

  1. Kamu lagi bekerja dalam perangkat yang besar, misalnya buku kerja Excel skala perusahaan dengan perhitungan kompleks, banyak tabel pivot, koneksi data ke database eksternal, Power Pivot, Peta 3D, Power View, atau Dapatkan & Transformasi. Bentuk 64-bit Office berjalan lebih baik dalam hal tersebut. Lihat Perincian dan batasan Model Data, dan Penggunaan memori dalam edisi 32-bit Excel.
  2. Kamu sedang bekerja dengan gambar, video, atau animasi yang berukuran sangat besar di PowerPoint. Jenis 64-bit Office mungkin lebih tepat buat menangani dek slide yang kompleks ini.
  3. Kamu sedang bekerja dengan file berukuran lebih dari 2 GB di Project, terutama jika proyek tersebut memiliki banyak subproyek.
  4. Kamu sedang mengembangkan solusi Office produksi sendiri seperti add-in atau kustomisasi tingkat dokumen. Menggunakan versi 64-bit Office memungkinkan Kamu menyampaikan solusi tersebut dalam versi 64-bit serta versi 32-bit. Pembentuk cara Office produksi sendiri wajib mempunyai akses ke Office 2016 64-bit untuk menguji dan memperbarui solusi ini.
  5. Kamu bekerja dengan tipe data Angka Besar di Access, dan meskipun tipe data ini didukung oleh Access 32-bit, Kamu mungkin akan melihat hasil yang tidak diinginkan saat menjalankan kode atau ekspresi yang menggunakan pustaka VBA 32-bit asli. VBA 64-bit menyiapkan merek data yang sepenuhnya mendukung angka besar. Agar lebih jelas, lihat memakai merek data Angka Besar.

  • Alasan Untuk Memilih Versi 32-bit

Sistem komputer berikut hanya bisa mendowonload Office 32-bit. Periksa versi Windows Kamu.

  1.     Sistem operasi 64-bit dengan prosesor berbasis ARM
  2.     Sistem operasi 32-bit dengan prosesor x86 (32-bit)
  3.     RAM kurang dari 4 GB

Caranya:  Bila mempunyai sistem operasi 64-bit dengan prosesor mendasar x64, Kamu dapat memilih untuk menginstal Office 32-bit atau 64-bit.

Profesional TI dan pengembang secara khusus juga harus meninjau situasi berikut ketika Office versi 32-bit masih menjadi pilihan terbaik untuk Kamu atau organisasi.

  1. Kamu memiliki Add-in COM 32-bit tanpa alternatif 64-bit. Kamu dapat terus menjalankan add-in COM 32-bit di Office 32-bit pada Windows 64-bit. Kamu juga dapat mencoba menghubungi vendor Add-in COM dan meminta versi 64-bit.
  2. Kamu menggunakan kontrol 32-bit tanpa alternatif 64-bit. Kamu dapat terus menjalankan kontrol 32-bit di Office 32-bit seperti Microsoft Windows Common Controls (Mscomctl.ocx, comctl.ocx), atau kontrol 32-bit pihak ketiga apa pun yang sudah ada.
  3. Kode VBA Kamu menggunakan pernyataan Deklarasi Sebagian besar kode VBA tidak perlu diubah saat menggunakan versi 64-bit atau 32-bit, kecuali jika Kamu menggunakan pernyataan Deklarasi untuk memanggil API Windows pada merek data 32-bit misalnyai long, untuk penunjuk. Umumya memberi PtrSafe ke Deklarasi serta mengganti long dengan LongPtr akan membuat pernyataan Deklarasi kompatibel dengan kedua versi, 32-bit dan 64-bit. Akan tetapi hal tersebut tidak dapat dilakukan dalam kejadian yang jarang terjadi, ketika tidak ada API 64-bit untuk Deklarasi. Agar lebih jelas mengetahui tentang perubahan VBA yang diperlukan agar bisa dijalankan di Office 64-bit, lihat Gambaran Umum Visual Basic untuk Aplikasi Versi 64-Bit.
  4. Kamu memiliki aplikasi MAPI 32-bit untuk Outlook. Seiring dengan bertambahnya pelanggan Outlook 64-bit, menyusun ulang versi 32-bit aplikasi MAPI, add-in, atau makro untuk Outlook 64-bit adalah opsi yang disarankan, namun Kamu juga dapat terus menjalankannya dengan Outlook 32-bit saja jika diperlukan. Untuk mempelajari aplikasi Outlook bagi platform 32-bit dan 64-bit, lihat Menyusun Aplikasi MAPI di platform 32-Bit dan 64-Bit dan Referensi MAPI Outlook.
  5. Kamu mengaktifkan objek atau server OLE 32-bit. Kamu dapat terus menjalankan aplikasi Server OLE 32-bit dengan Office versi 32-bit yang terinstal.
  6. Kamu menggunakan SharePoint Server 2010 dan memerlukan tampilan Edit dalam Lembar Data. Kamu dapat terus menggunakan fungsionalitas tampilan Edit dalam Lembar Data di SharePoint Server 2010 dengan Office 32-bit.
  7. Kamu memerlukan file database .mde, .ade, dan .accde Microsoft Access 32-bit. Sementara Kamu dapat mengompilasi ulang file .mde, .ade, dan .accde 32-bit agar kompatibel dengan 64-bit, file .mde, .ade, dan .accde 32-bit dapat terus dijalankan di Access 32-bit.
  8. Kamu memerlukan file WLL (Pustaka add-in Word) atau Editor Persamaan Warisan di Word. Kamu dapat terus menggunakan Editor Persamaan Word Warisan dan menjalankan file WLL di Word 32-bit.
  9. Kamu memiliki file media lama yang disematkan dalam presentasi PowerPoint tanpa codec 64-bit yang tersedia.

Cara Cepat Mengetahui Windows 32 Bit atau 64 Bit

  1. Langkah pertama masuk saja ke windows explorer, cara cepat nya tekan

tombol Win (Jendela) pada keyboard biasanya deket tombol ALT. Kemudian

bersamaan tekan timbol E pada keyboard

  1. setelah tampil Windows Explorer, Klik kanan Mouse Pada Icon Computer

di deretan icon sebelah kiri.

  1. Setelah muncul menu pop up, pilih menu Properties
  2. Sesaat kemudian akan tampil jendela, System seperti di bawah ini.

Jendela tidak cuma menampilkan type windows 32 bit atau 64 bit saja, tetapi menampilkan informasi tipe windows, prosesor dan ram yang digunakan dalam pc. Sangat mudah dan cepat bukan, untuk mengetahui versi dan tipe windows dalam komputer atau laptop kamu 32 bit atau 64 bit.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Pengertian 32 Bit dan 64 Bit: Kelebihan, Kekurangan, Sejarah! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare :).

Baca juga artikel lainnya tentang: