Arti Cinta: Jenis Jenis-Tanda tanda Cinta Terlengkap Menurut Ahli

Diposting pada

Arti Cinta: Jenis Jenis-Tanda tanda Cinta Terlengkap Menurut Ahli

Arti Cinta: Jenis Jenis-Tanda tanda Cinta Terlengkap Menurut Ahli – Cinta adalah suatu perasaan yang diberikan oleh tuhan kepada seseorang manusia untuk dapat saling mencintai, saling memiliki, saling memenuhi dan saling pengertian, cinta itu sendiri sama sekali tidak bisa dipaksakan, cinta tidak dapat berjalan apabila mereka mementingkan diri sendiri, karena dalam berhubungan pasangan kita pasti menginginkan suatu perhatian lebih dan itu hanya bisa di dapat dari pasangannya.

Perasaan cinta adalah memberikan kasih sayang, cinta juga tidak bisa dipaksakan dan datangnya pun kadang secara tidak disengaja, cinta itu indah akan tetapi kepedihan yang ditinggalkannya kadang berlangsung lebih lama dari perasaan cinta itu sendiri, perasaaan cinta dan benci juga amat tipis tapi dengan cinta dunia yang kita jalani serasa lebih indah harum dan bermakna.

Perasaan cinta merupakan suatu ketertarikan seseorang terhadap lawan jenisnya yang disebabkan oleh sesuatu yang dimiliki oleh lawan jenisnya, misalnya sifat dan wajah atau lainya, akan tetapi cinta diperlukan pengertian dan saling memahami untuk bisa melanjutkan hubungan haruslah saling menutupi kekurangan dan mau menerima pasangannya apa adanya tanpa pemaksaan oleh salah satu pihak, berbagi suka maupun duka bersama.

Cinta itu merupakan sesuatu yang murni, putih, tulus dan suci yang timbul tanpa adanya paksaan atau adanya sesuatu yang dibuat buat, menurut saya pribadi cinta itu dapat membuat orang itu dapat termotivasi untuk melakukan perubahan yang lebih baik dan mulia daripada sebelum ia mengenal cinta, cinta itu sesuatu yang suci dan janganlah kita menodai cinta yang suci itu dengan keegoisan dan kemunafikan kita yang hanya menginginkan enaknya saja buat diri sendiri.

Dengan adanya cinta kita juga dapat membuat kita mengerti bahwa betapa berharganya seseorang itu untuk kita jaga karena cinta tidaklah sebatas kata kata saja, karena cinta jauh lebih berharga daripada harta yang melimpah dan termahal di dunia pun, saat seseorang memegang tanganmu dan bilang aku cinta kamu pasti menjadi perasaan hangat yang istimewa, karena saat itu kamu telah menemukan seseorang yang begitu berharga buat kamu, jangan pernah lepaskan dia akan tetapi adakalanya cinta begitu menyakitkan, maka berhati hatilah jangan pernah coba-coba untuk bermain cinta.

Cinta itu adalah sebuah perasaan yang seorang pun tidak akan yang tau kapan datang nya, bahkan sang pemilik perasaan sekalipun, apabila kita sudah mengenal cinta kita akan menjadi orang yang paling berbahagia di dunia ini, akan tetapi bila cinta kita tak terbalas kita akan merasa bahwa kita merupakan orang paling malang dan kita akan kehilangan gairah hidup, dengan cinta kita bisa belajar untuk dapat menghargai sesama serta berusaha untuk melindungi orang yang kita cintai.

Cinta merupakan anugerah yang tak ternilai harganya dan itu di berikan kepada makhluk yang paling sempurna yaitu manusia, cinta tidak dapat diucapkan dengan kata-kata, tidak dapat dideskripsikan dengan bahasa apapun, cinta hanya bisa dibaca dengan bahasa cinta dan juga dengan perasaan, cinta merupakan perasaan yang didalam sanubari lubuk hati yang tedalam yang bisa membawa kita melayang kedunia fana yang penuh dengan mimpi indah.

Arti Cinta Menurut Para Ahli

  • Jalaluddin Rumi

Menurut jalaluddin rumi arti cinta adalah sumber dari segala sesuatu dan inti dari segala bentuk kehidupan yang ada di dunia karena dunia dan kehidupan muncul karena kekuatan yang bernama cinta.


  • Scott Peck

Menurut Scott Peck, arti cinta merupakan suatu keinginan di dalam diri manusia untuk mengembangkan diri dengan maksud memelihara pertumbuhan spiritual sendiri atau perkembangan spiritual orang lain.


  • Quraish Shihab

Menurut Quraish Shihab, definisi cinta merupakan kecenderungan hati manusia kepada sesuatu karena adanya kenikmatan atau manfaat yang bisa diperoleh dari yang dicintai.


  • Abdullah Nashih ‘Ulwan

Menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan, arti cinta merupakan suatu perasaan jiwa dan gejolak hati manusia yang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihnya dengan penuh kelembutan, gairah, dan kasih sayang.


  • Musfir bin Said az-Zahrani

Menurut Musfir bin Said az-Zahrani, definisi cinta merupakan suatu emosi terpenting di dalam kehidupan manusia dan menjadi faktor terpenting dalam menyatukan perasaan manusia, serta pembentukan kasih sayang di antara sesama manusia.


  • Erich Fromm

Menurut Erich Fromm, arti cinta merupakan suatu perasaan simpati di dalam diri manusia yang melibatkan emosi yang mendalam, menurut Erich Fromm, terdapat lima syarat dalam upaya mewujudkan cinta kasih, yaitu;

  • Pengenalan
  • Perasaan
  • Tanggung jawab
  • Perhatian
  • Saling menghormati

Karakteristik Cinta Secara Umum

Meskipun banyak anggapan bahwa cinta sulit untuk didefinisikan, akan tetapi emosi dan perasaan mahluk hidup ini dapat dikenali dari karakteristiknya, sesuai dengan penjelasan arti cinta di atas, adapun beberapa karakteristik cinta merupakan sebagai berikut:


  • Ada Ketertarikan dan Kekaguman

Perasaan cinta sangat erat kaitannya dengan rasa ketertarikan dan kekaguman seseorang terhadap objek yang dicintai, ketertarikan dan kekaguman tersebut dapat terjadi karena adanya kelebihan yang dimiliki oleh objek yang dicintai, contohnya kelebihan dari fisiknya ataupun kelebihan lainya.


  • Ada Perasaan Bahagia

Mencintai dan dicintai dapat membuat seseorang menjadi bahagia, meskipun tidak ada ukuran pastinya dan tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata, akan tetapi perasaan cinta dapat membuat seseorang menjadi bahagia dalam hidupnya.


  • Ada Welas Kasih

Ini merupakan karakteristik cinta yang paling umum, manusia yang cinta terhadapa sesuatu atau seseorang, di dalam hidupnya akan memiliki welas asih kepada objek yang dicintai.


  • Ada Kebaikan

Perasaan cinta pada umumnya akan membuat seseorang menjadi manusia yang lebih baik, dalam hal ini, cinta akan membuat seseorang lebih baik dalam berbicara dan bersikap, serta lebih percaya diri.

Seperti yang pernah dikatakan oleh seorang filsuf cina yaitu lao tzu, cinta tanpa kebaikan itu tidak akan pernah ada.


  • Ada Pengorbanan

Pada umumnya, manusia yang mencintai suatu objek akan bersedia berkorban demi kebaikan objek yang dicintainya, sebagai contoh, seorang ibu yang mencintai keluarganya rela berkorban bekerja keras membantu suaminya mencari nafkah agar keluarganya hidup berkecukupan.


Jenis-Jenis Cinta

Di dalam dunia psikologi disebutkan bahwa ada 8 jenis cinta pada diri manusia, sesuai dengan arti cinta yang disebutkan di atas, adapun jenis-jenis cinta merupakan sebagai berikut:


  • Cinta Agape

Cinta Agape merupakan perasaan cinta terhadap Tuhan, alam, serta semua hal yang sifatnya spiritual dan altruistik, menurut para ahli, mereka yang sering merasakan cinta Agape merupakan orang-orang yang sangat perduli pada hal-hal spiritual.


  • Cinta Mania

Cinta Mania merupakan perasaan cinta di dalam diri manusia yang berlebihan terhadap orang lain sehingga membuatnya menjadi posesif, mereka yang merasakan cinta Mania ini pada umumnya akan merasa tidak berharga bila cintanya tidak terbalas atau ditinggalkan orang yang dicintainya.


  • Cinta Pragma

Cinta Pragma merupakan cinta yang penuh kebijaksanaan dan kedewasaan dimana orientasinya merupakan cinta yang serius ke arah pernikahan, akan tetapi, cinta pragma dianggap bukan cinta yang paling tulus dan membutuhkan proses, misalnya cinta yang timbul karena perjodohan.


  • Cinta Philautia

Cinta Philautia merupakan perasaan cinta terhadap diri sendiri dan mengarah pada narsisme, pada titik tertentu, cinta Philautia dapat membuat seseorang menjadi psikopat karena hanya mementingkan dirinya sendiri tanpa perduli pada orang lain.


  • Cinta Storge

Cinta Storge merupakan perasaan cinta terhadap keluarga dan kerabat terdekat, jenis cinta ini termasuk cinta yang tulus karena tanpa syarat, misalnya cinta seorang ibu kepada anaknya, cinta kepada orang tua, saudara, dan sanak keluarga.


  • Cinta Eros

Cinta Eros merupakan perasaan cinta yang berdasarkan pada hawa nafsu manusia, ciri-ciri cinta eros merupakan adanya ketertarikan secara fisik dan perasaan ingin memiliki orang yang dicintai.


  • Cinta Philia

Cinta Philia merupakan perasaan cinta yang timbul dalam hubungan persahabatan antar manusia, jenis cinta ini terjadi bukan karena hawa nafsu akan tetapi karena adanya rasa percaya dan rasa persahabatan dengan orang tertentu.


  • Cinta Ludus

Cinta ludus merupakan perasaan cinta seseorang terhadap orang lain tapi sifatnya hanya main-main tanpa ada komitmen, ciri khusus orang yang merasakan cinta Ludus merupakan sifat kekanak-kanakan dan suka memberikan rayuan gombal kepada orang yang dicintainya.


Ciri-ciri cinta emosional

  • Adanya perasaan yang sangat kuat, normalnya diarahkan pada lawan jenis, dimana yang ada pada pikiran serta hati merupakan bayangan kekasihnya
  • Adanya egoisme, biasanya ada harapan-harapan bahwa kekasihnya merupakan ideal yang ada dipikirannya dan merasa kecewa kalau kekasihnya berbeda dengan apa yang ia harapkan
  • Cinta emosional mengandung unsur erotisme,yang biasanya ingin mengungkapkan rasa cintanya dengan berpegangan tangan, berpelukan dll, sedangkan cinta rasional tidak didominasi oleh perasaan yang kuat tetapi lebih pada akal pikiran dan biasanya cinta emosional tidak peduli apakah perasaannya kepada seseorang ini akan dibalas atau tidak, karena ciri utama dari cinta ini merupakan memberi tanpa pamrih dan tanpa syarat.

Tanda- tanda Cinta

  • ada unsur keterkaitan dan kekaguman

biasanya cinta didahului oleh rasa ketertarikan dan kekaguman, baik itu karena penampilan fisik, sifat, kemampuan atau materi, hal mana yang menjadikan seseorang itu tertarik tiap orang itu berbeda-bada.


  • teringat terus dalam ingatan

Perasaan cinta dapat membuat kita selalu membayangkan orang yang kita cintai selalu ada dalam ingatan.


  • adanya pengorbanan

perasaan cinta menimbulkan perasaan ingin berbuat apa saja yang dapat membahagiakan dan menyenangkan orang yang dicintai

adanya ketertarikan seksual biasanya muncul rasa ingin selalu bertemu serta keinginan untuk bersentuhan secara fisik.


Arti Cinta Pada Pandangan Pertama

Cinta pada pandangan pertama ini baru pada tahap pesona ketertarikan kepada fisik saja, cinta ini digolongkan dalam passionate love yang ditandai oleh rasa rindu yang hebat untuk bertemu, ketertarikan pada pandangan pertama ini bisa berubah dan berlanjut menjadi cinta namun harus diikuti oleh proses selanjutnya yaitu perkenalan dan penjajakan.


Cinta Dan Sayang

Biasanya masyarakat membedakan cinta ini lebih pada lawan jenis yaitu pacar  atau suami, sementara sayang itu berlaku secara umum yaitu orang tua, saudara.


Dampak Cinta Dalam Kehidupan Remaja

Cinta merupakan hal yang normal, bahkan remajaseringkali bertanya-tanya apakah dirinya normal, cinta juga menambah keceriaan dalam kehidupan manusia dan penuh dengan nuansa emosi dan perasaan (benci, sedih, sayang, rindu, kesal dll).


Dampak cinta itu sendiri adalah:

  • merubah perilaku yang progesif, perasaan cinta kadang memotifasi seseorang untuk bertingkah laku lebih baik
  • perubahan perilaku regresif yaitu perasaan yang selalu tergantung pada orang lain
  • belajar mengenal dan menerima orang lain ( kelebihan dan kekurangan serta perbedaan yang ada)
  • banyak berfantasi (melamun).

Cemburu

Cemburu biasanya diperlihatkan oleh seseorang pada saat seseorang merasa perhatian pasangannya beralih kepada yang lain, cemburu biasanya merupakan tanda cinta bersyarat dan egoisme, tanda kurang percaya diri dan penghargaan diri.

Demikianlah pembahasan tentang Arti Cinta: Jenis Jenis-Tanda tanda Cinta Terlengkap Menurut Ahli, semoga kalian dapat mengerti dan memahami apa yang telah kami dijelaskan.

Baca juga artikel tentang: