Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli: Fungsi dan Macam!

Diposting pada

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli: Fungsi dan Macam! – Pengertian ideologi merupakan kumpulan ide-ide dasar, gagasan, keyakinan dan kepercayaan yang sifatnya sistematis sesuai dengan arah dan tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara. Istilah ideologi sangat erat hubungannya dengan berbagai bidang didalam kehidupan manusia, diantaranya:

  1. Politik (hukum, pertahanan dan keamanan)
  2. Sosial
  3. Kebudayaan
  4. Agama

Kata ideologi pertama kali diperkenalkan oleh filsuf prancis, yaitu destutt de tracy pada tahun 1796. Kata ideologi sendiri berasal dari bahasa prancis idéologie, merupakan gabungan 2 kata yaitu, idéo yang mengacu kepada gagasan dan logie yang mengacu kepada logos, kata dalam bahasa yunani untuk menjelaskan logika dan rasio. Destutt de tracy menggunakan kata ini dalam pengertian etimologinya, sebagai ilmu yang meliputi kajian tentang asal usul dan hakikat ide atau gagasan.


Pengertian ideologi menurut KBBIPengertian Ideologi Menurut Para Ahli : Fungsi dan Macam-Macam!

Pengertian ideologi menurut kamus besar bahasa indonesia terbagi menjadi 3, berikut ini penjelasannya :

  1. Ideologi merupakan kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup.
  2. Ideologi merupakan cara berpikir seseorang atau suatu golongan.
  3. Ideologi merupakan paham, teori dan tujuan yang merupakan satu program sosial politik.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

  • Gunawan setiardjo

Ideologi merupakan kumpulan ide, gagasan atau aqidah ‘aqliyyah. Aqliyyah adalah akidah yang sampai melalui proses berpikir, sehingga melahirkan aturan-aturan didalam kehidupan.


  • Antoine destutt de tracy

Ideologi merupakan studi terhadap ide – ide atau pemikiran tertentu.


  • Descartes

Ideologi merupakan inti dari semua pemikiran manusia.


  • Machiavelli

Ideologi merupakan sistem perlindungan kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa.


  • s. Hornby

Ideologi merupakan seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik atau yang dipegangi oleh seorang atau sekelompok orang.


  • Frans magnis suseno

Ideologi merupakan keseluruhan sistem berpikir dan sikap dasar rohaniah sebuah gerakan, kelompok sosial atau individu.


  • Thomas h

Pengertian ideologi merupakan suatu cara untuk melindungi kekuasaan pemerintah agar dapat bertahan dan mengatur rakyatnya.


  • Francis bacon

Ideologi merupakan sintesis pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup.


  • A safaudin

ideologi merupakan pemikiran menuju keadilan, kesetaraan dan kesejahteraan bersama yang melalui proses berfikir manusia untuk menentukan aturan-aturan dalam kehidupan.


  • Karl marx

Ideologi merupakan alat untuk mencapai kesetaraan dan kesejahteraan bersama dalam masyarakat.


  • Manfred steger dan paul james

Menurut beliau terdapat dua pengertian tentang ideologi, yaitu sebagai berikut:

  1. Ideologi merupakan sekelompok ide dan konsep yang normatif yang memiliki pola, yang merupakan representasi dari kekuatan politik yang ada.
  2. Ideologi merupakan peta konsep yang membantu masyarakat dalam mengarahkan kompleksnya kehidupan berpolitik dan keyakinan akan kebenaran sosial.

  • Karl maanheim

Ideologi merupakan sistem pemikiran yang berguna dalam mempertahankan orde sosial tertentu.


  • Napoleon

Pengertian ideologi keseluruhan pemikiran politik dari rival–rivalnya.


  • Louis althuser

Ideologi merupakan suatu gagasan yang spekulatif, akan tetapi bukan gagasan palsu karena tidak dimaksudkan untuk menggambarkan suatu realitas, melainkan untuk dapat memberikan gambaran mengenai bagaimana semestinya manusia itu dapat menjalani hidupnya.


  • Soerjanto poespowardoyo

Ideologi merupakan kompleks pengetahuan dan macam-macam nilai, yang secara universal menjadi landasan bagi seseorang atau juga masyarakat untuk dapat memahami jagat raya serta bumi seisinya dan juga menentukan sikap dasar untuk dapat mengolahnya.


  • Ali syariati

Pengertian ideologi merupakan sebagai keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa atau suatu ras tertentu.


  • Sastra prateja

Ideologi merupakan sebagai perangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang diorganisir menjadi suatu sistem yang teratur.


  • Silvio vietta

Ideologi merupakan bentuk perlindungan kumpulan ide terhadap tingkah politik yang tidak rasional yang bertindak dalam wujud idealisme.


  • Laboratorium ikip malang

Menurut laboratorium ikip malang, ideologi merupakan kumpulan nilai, ide, dan cita-cita serta pedoman dan metode dalam melaksanakan atau mewujudkannya.


  • Encyclopedia international

Menurut encyclopedia international, ideologi merupakan sistem gagasan dan keyakinan serta sikap yang didasari oleh cara hidup dalam kelompok, kelas dan masyarakat tertentu.


  • Bob hodge

Definisi ideologi merupakan mengidentifikasi kesatuan objek yang menggabungkan set makna yang kompleks dengan agen-agen sosial dan proses yang menghasilkan mereka.


  • Davud w. Minar

Ia mengambarkan apa itu ideologi sebagai berikut:

  1. Koleksi ide dengan berbagai macam variasi bentuk /isi yang umumnya normatif (berlaku umum).
  2. Ideologi merupakan bentuk atau perwujudan ide yang berlaku dalam interaksi manusia sebagai makhluk sosial.
  3. Bentuk lain dari ide yang mengatur struktur dari organisasi.
  4. Ideologi sebagai bentuk dari tujuan, dilaksanakan dalam bentuk persuasif.
  5. Idelogi memiliki kemungkinan sebagai wadah utama dalam interaksi sosial.

  • Padmo wahyono

Menurut padmo wahyono, ideologi merupakan suatu kesatuan yang bulat dan utuh dari ide dasar.


  • Ramlan surbakti

Menurut beliau terdapat dua pengertian mengenai ideologi, yaitu sebagai berikut:

  1. Ideologi secara fungsional merupakan seperangkat gagasan mengenai kebaikan bersama atau tentang masyarakat dan negara yang dianggap paling baik.
  2. Ideologi secara struktural merupakan sistem pembenaran seperti gagasan dan formula politik atas setiap kebijakan dan tindakan yang diambil oleh penguasa.

  • White

Ideologi merupakan cita-cita politik atau doktrin (ajaran) dari suatu lapisan masyarakat atau sekelompok manusia yang dapat dibeda-bedakan.


  • Lowenstein

Ideologi merupakan suatu penyelarasan, gabungan pola pikiran dan kepercayaan atau pemikiran bertukar menjadi kepercayaan. Penerangan sikap manusia tentang hidup dan kehadirannya dalam masyarakat dan mengusulkan sesuatu kepemimpinan dan menyeimbangkannya berdasarkan pemikirannya dan kepercayaan itu.


  • Harold h. Titus

Ideologi merupakan suatu istilah yang dipergunakan untuk sekelompok cita-cita mengenai berbagai macam masalah politik dan ekonomi yang dilaksanakan dalam suatu rencana sistematis dan dijalankan oleh kelompok atau lapisan masyarakat.


  • Wiliam james

Dalam buku varieties of religious experience, ideologi merupakan “a man’s total view or thought about life” atau hasil pemikiran dan pandangan dari berbagai sudut pandang terhadap sesuatu dalam totalitas yang seseorang bisa.


  • Leibniz

Ideologi sebagai one greath system of truth merupakan kesatuan sistem kebenaran yang menakjubkan.


Fungsi ideologi  Secara Umum

Suatu ideologi dapat dipelajari dan diformulasikan hingga dimasukkan dalam tataran abstrak di dalam pikiran dan jiwa manusia. Ideologi dapat menjadi landasan berpikir dan cara pandang manusia dalam menafsirkan dan memahami dunia.

Secara umum, berikut ini merupakan beberapa fungsi ideologi:

  • Menjadi pemandu tindakan sosial individu di masyarakat.
  • Menjadi sumber inspirasi norma dan nilai sosial.
  • Menjadi panduan bagi individu dalam menemukan identitas dirinya.
  • Memberikan motivasi bagi individu dalam menggapai tujuan hidupnya.

Suatu ideologi bisa menentukan tindakan konkrit individu dalam kehidupan sosialnya. Secara ekstrim seseorang bahkan rela berkorban nyawa demi mempertahankan ideologi yang diyakininya.


Macam-Macam Ideologi

Dari pengertian tersebut maka muncullah berbagai macam ideologi yang berkembang di masyarakat dan digunakan hingga saat ini. Masing-masing kumpulan masyarakat tentunya memiliki ideologi yang dipegang masing-masing sebagai dasar dalam memandang berbagai hal yang terjadi dalam lingkungan tersebut.

Sehingga harapannya dengan adanya ideologi yang tepat maka masyarakat juga dapat hidup lebih sejahtera dan saling berdampingan dengan baik. Berikut beberapa macam ideologi yang ada di masyarakat dan perlu untuk diketahui :


  • Kapitalisme

Paham atau ideologi kapitalisme merupakan meyakini bahwa pemilik modal dapat melakukan berbagai usaha untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Adam smith adalah tokoh besar dalam berkembangnya ideologi ini, beliau menyerang merkantilisme lewat para psiokrat karena menganggapnya kurang mendukung perekonomian masyarakat.

Para psiokrat itu beranggapan bahwa tanah merupakan hal yang paling penting dalam pola produksi. Beliau beranggapan bahwa terdapat kekuatan tersembunyi yang dapat mengatur pasar sehingga pasar harus mempunyai kebebasan dari investasi pemerintah. Dalam hal ini pemerintah hanya bertugas untuk mengawasi semua pekerjaan yang dilakukan rakyatnya. Beberapa negara yang menganut paham kapital merupakan spanyol, belanda, australia portugis dan perancis.


  • Komunisme

Dalam paham komunisme yang lebih diunggulkan adalah kepentingan umum dibandingkan kepentingan pribadi atau golongan. Dalam ideologi ini juga disebutkan bahwa segala hal yang terjadi dalam suatu negara akan dikuasai secara mutlak oleh negara tersebut.

Pemahaman ini berasal dari manifest der kommunistischen yang ditulis karl marx dan friedrich engels. Mengenai teori yang berisi mengenai analisis pendekatan kepada perjuangan kelas dan ekonomi kesejahteraan yang pernah menjadi salah satu gerakan paling berpengaruh di dunia politik. Korea utara, laos, kuba, vietnam dan tiongkok merupakan negara-negara yang menganut ideologi komunisme.


  • Liberalisme

Ideologi liberal ini didasarkan pada pemahaman akan kebebasan merupakan nilai politik paling utama. Pada dasarnya harapan dari dikembangkannya ideologi ini merupakan untuk mencapai masyarakat yang bebas dengan ciri utamanya merupakan kebebasan berpikir untuk setiap individu.

Liberalisme menginginkan adanya kebebasan bertukar gagasan, ekonomi pasar yang mendukung usaha pribadi, menolak pembatasan secara individu dan memiliki pemerintahan yang transparan. Amerika serikat, argentina yunani dan rusia menjadi penganut paham liberalisme ini.


  • Konservatif

Konservatisme atau konservatif merupakan paham yang memiliki beberapa unsur penting yang harus ada di dalamnya yaitu sebagai berikut :

  • Filsafatnya merupakan perubahan tidak selalu berarti sebuah kemajuan. Maka lebih baik perubahan itu berlangsung tahap demi tahap tanpa harus mengguncang struktur sosial politik dalam sebuah negara atau masyarakat yang bersangkutan.
  • Inti pemikiran dari paham konservatisme ini merupakan memelihara kondisi yang sudah ada dan menjaga kestabilan yang dinamis serta statis.
  • Landasan pemikiran konservatisme ini merupakan bahwa manusia pada dasarnya merupakan lemah dan terdapat insting jahat di dalam dirinya. Sehingga diperlukan pola pengendalian dengan aturan yang ketat.
  • Memiliki sistem pemerintahan antara demokratis dan otoriter.
  • Sosialisme

Seperti namanya yaitu berasal dari kata sosial maka ideologi ini dibuat dengan tujuan untuk membentuk negara dengan kemakmuran berasal dari usaha secara kolektif dan membatasi milik perseorangan.

Istilah sosialisme ini mulai digunakan pada awal abad ke 19 yang dalam bahasa inggris digunakan pertama kali untuk menyebut para pengikut robert owen di tahun 1827.

Memang dalam penggunaan istilah sosialisme ini banyak digunakan untuk beragam konteks tetapi kebanyakan kelompok percaya bahwa istilah tersebut berawal dari adanya pergolakan kaum buruk industri dan buruh tani berdasarkan prinsip solidaritas serta perjuangan masyarakat egalitarian. Anda bisa menemukan paham ini di venezuela.


  • Fasisme

Ciri khas utama dari paham fasisme ini merupakan mengagungkan kekuasaan tanpa adanya sistem demokrasi. Sehingga dalam paham ini akan sangat terasa nasionalisme yang fanatik dan sikap otoriter dari penguasanya.

Fasisme berasal dari fascis dalam bahasa latin yang berarti seikat tangkai-tangkai kayu yang di tengahnya terdapat kapak. Fasis ini merupakan simbol kekuasaan dari para pejabat pemerintahan negara yang digunakan oleh negara jerman dan italia.


  • Pancasila

Tentu seperti yang sudah kita ketahui bahwa pancasila merupakan ideologi dari negara kesatuan republik indonesia. Pancasila berasal dari kata panca yang berarti lima dan sila yang memiliki arti asas atau prinsip.

Sebagaimana namanya pancasila memiliki lima poin dasar yang dijadikan sebagai ideologi atau patokan masyarakat indonesia dalam melakukan berbagai tindakan. Isi dari kelima sila tersebut merupakan sebagai berikut :

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan.
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Kelima sila tersebut isinya sudah mengalami revisi dan melalui berbagai pertimbangan matang agar dapat menjadi dasar dalam menjalankan kehidupan berbangsa serta bernegara dengan baik.

Apapun yang terjadi di masyarakat sebenarnya dalam kembali lagi pada dasar negara indonesia yaitu pancasila karena sudah ada banyak yang dapat dijelaskan dari kelima pasal tersebut, apalagi sudah banyak juga butir pengamalan pancasila yang diturunkan dari dasar negara tersebut.

Sebenarnya ideologi memiliki ciri-ciri yaitu memiliki derajat yang tertinggi sebagai nilai hidup berbangsa dan bernegara. Selain itu ideologi juga mewujudkan asas kerohanian, pandangan hidup, pandangan dunia dan pedoman hidup dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat. Ada beberapa fungsi dari ideologi ini yaitu sebagai berikut :

  • Sebagai kekuatan untuk memberikan semangat serta motivasi pada individu, masyarakat serta bangsa dan negara dalam menjalani kehidupan serta mencapai tujuannya.
  • Sarana dalam memformulasikan serta mengisi kehidupan manusia secara individu.
  • Jembatan pergeseran dari kendali dan kekuasaan dari generasi tua dengan generasi muda agar kehidupan dapat berjalan tetap selaras dan tenteram.

Adanya ideologi yang tepat untuk sebuah negara memang menjadi hal yang sangat penting karena sebagai pedoman hidup tentunya juga akan mempengaruhi berbagai kondisi di negara tersebut.

Namun memang seringkali pada generasi saat ini terutama, makna dari ideologi ini sudah mulai dilupakan dan tidak diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut memicu banyaknya masalah di kalangan masyarakat yang sebenarnya tidak perlu terjadi jika ideologi yang sudah dibuat berdasarkan pemikiran matang bisa dijalankan dengan baik dan benar.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli: Fungsi dan Macam! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare :).

Baca juga artikel lainnya tentang: