Fungsi Komputer: Pengertian, Penertian Para Ahli, Sejarah, Komponen, Jenis dan Manfaatnya

Diposting pada

Fungsi Komputer: Pengertian, Penertian Para Ahli, Sejarah, Komponen, Jenis dan Manfaatnya -Orang selalu menggunakan alat untuk mendukung proses penghitungan. Mulai dari satu jari yang sangat sederhana hingga yang lain, berbagai jenis kalkulator saat ini tersedia. Generasi kami sebelumnya telah menemukan sejumlah alat komputer, dari sempoa hingga apa yang kami gunakan saat ini, yaitu komputer.

Komputer yang kita kenal sekarang tentu berbeda dari ketika pertama kali ditemukan. Seorang mekanik bernama Charles Babbage adalah orang pertama yang menemukan konsep komputer mekanik pertama, tepat pada awal abad ke-19, sekitar tahun 1830-an. Karena itu ia juga disebut sebagai bapak komputer.

Sayangnya, pada saat itu, ia tidak dapat menyelesaikan proyeknya untuk memproduksi komputer yang canggih karena beberapa kendala. Namun, desain mesin yang dibuatnya menjadi dasar untuk pengembangan komputer lebih lanjut.

Pengertian Komputer

Komputer berasal dari bahasa Latin computare, yang berarti berhitung. Sumber lain juga mengatakan bahwa kata komputer berasal dari komputasi bahasa Inggris, yang berarti menghitung. Pemahaman komprehensif tentang komputer adalah mesin hitung elektronik yang dapat menerima input digital dan mengeluarkannya dalam bentuk pengeluaran atau informasi.

Setiap ahli mendefinisikan pengertian komputer ini secara berbeda, tetapi umumnya memiliki arti yang sama.Pengertian nya adalah alat elektronik yang bisa menerima input, memproses output, memberikan informasi, menggunakan program, menyimpan program, dan hasil informasi, dan dapat bekerja secara otomatis.


Fungsi Komputer

Fungsi komputer pada dasarnya sangat berbeda tergantung pada pengguna. Mengingat pengertian komputer di atas, berikut adalah fungsi utamanya:


  • Data Input

Komputer bisa menerima data dari sumber lain. Data diterima oleh aktivitas di keyboard, mouse, dari komputer lain atau perangkat lain.


  • Data Processing

Salah satu fungsi utama komputer adalah untuk melakukan pemrosesan data untuk menghasilkan output yaitu informasi. Secara umum, data yang diproses dalam komputer ditampilkan dalam bentuk teks, gambar, audio, video, grafik dan elemen lainnya.


  • Data Output

Fungsi komputer selanjutnya adalah menghasilkan keluaran / informasi setelah diproses. Informasi ini dapat berupa output melalui monitor, printer, dan pengeras suara.


  • Data Storage

Komputer juga dapat berfungsi sebagai lokasi penyimpanan data, sehingga mudah ditemukan dan digunakan kembali. Data dapat disimpan dalam memori internal atau eksternal komputer.


  • Data Movement

Fungsi lain dari komputer adalah untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain atau berbagai perangkat output lainnya.


Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan komputer, kita dapat merujuk pada pendapat para pakar berikut:

  • Donald H. Sanders

Menurut Sanders, istilah komputer adalah sistem elektronik yang memungkinkan data diproses, dirancang, dan diatur dengan cepat dan tepat sehingga data dapat secara otomatis diterima, disimpan, dan diproses untuk menghasilkan keluaran berdasarkan perintah yang sudah ada dalam memori yang disimpan.


  • Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, istilah komputer adalah perangkat elektronik yang dapat melakukan berbagai tugas, termasuk menerima input, memproses input, menyimpan perintah, dan menghasilkan output dalam bentuk informasi.


  • William M. Fuori

Menurut Fuori, istilah komputer adalah alat pengolah data yang dapat melakukan perhitungan yang luas dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logis, tanpa perlu campur tangan manusia.


  • Williams & Sawyer

Menurutnya komputer ialah alat serbaguna yang bisa diprogram, menerima data (fakta dan gambar kasar), dan memproses data atau memprosesnya menjadi informasi yang dapat digunakan.


Sejarah Komputer

Komputer semakin berkembang. Di masa lalu, komputer dibedakan menurut penggunaannya, yaitu komputer analog, komputer digital dan komputer hibrida. Saat ini, komputer bahkan dapat diklasifikasikan berdasarkan ukurannya. Mulai dari komputer kecil seperti komputer mini dan mikrokomputer, smartphone juga tergolong dalam tipe ini. Lalu ada PC atau PC dan juga laptop. Sedangkan superkomputer besar adalah.

Kemudian muncul komputer analog, pertama kali ditemukan oleh Sir William Thomson pada tahun 1872. Beberapa pihak memperbaiki komputer analog sehingga mencapai puncaknya pada tahun 1927. Pada titik ini, beberapa perangkat telah diproduksi sampai komputer analog akhirnya ketinggalan zaman dan ditinggalkan. Terutama pada 1950-an, ketika komputer digital mulai menggantikan kesuksesan komputer analog sebelumnya. Namun, aplikasi tertentu terus menggunakan komputer analog, mis. B. Aplikasi pendidikan dan pesawat terbang.

Komputer digital pada awalnya adalah komputer analog yang menggunakan elektromekanik dan muncul sekitar tahun 1939. Pengembangan berlanjut dan pada tahun 1941 komputer digital pertama dibuat. Mesin yang dibuat pada waktu itu sangat mirip dengan komputer modern. Dengan menggunakan sistem biner, mesin lebih mudah dan lebih kuat untuk dibangun. Setelah itu, berbagai komputer digital lainnya muncul dan memindahkan komputer analog yang dianggap ketinggalan jaman.

Prinsip komputer modern diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1936. Turing menawarkan mesin sederhana yang terbukti mampu melakukan berbagai jenis perhitungan dengan menjalankan perintah atau program yang disimpan dalam kaset. Konsep dasar mesin Turing adalah penyimpanan program, di mana semua instruksi dari proses penghitungan disimpan dalam memori. Terlepas dari kelemahan keterbatasan memori, konsep ini digunakan untuk mengembangkan komputer modern berikutnya.

Secara umum, komputer dapat dibagi menjadi tiga generasi. Generasi pertama menggunakan tabung elektron sebagai prosesor. Komputer generasi ini hanya dapat melakukan satu tugas dan tidak memiliki sistem operasi. Generasi kedua menggunakan transistor daripada tabung, komputer generasi ini sudah memiliki sistem operasi dan memori. Media penyimpanan menggunakan kaset dan hard drive serta printer sebagai perangkat keluaran.

Sejauh ini, generasi ketiga berlaku, di mana IC digunakan sebagai pengganti transistor dan dengan ukuran komputer yang lebih kecil. Komputer generasi ini jauh lebih kuat dan dapat menjalankan lebih dari satu sistem operasi.


Komponen Komputer

Komputer terdiri dari serangkaian komponen yang dikelompokkan menjadi tiga jenis unit. Yaitu unit input (input), unit pemrosesan (proses) dan unit output (output).


  • Komponen INPUT

Komponen input adalah komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai akses ke tugas-tugas yang ditransfer ke komputer. Contohnya adalah:

    Papan ketik. Keyboard adalah komponen yang digunakan untuk input dalam bentuk data alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya. Keyboard memiliki huruf dari A hingga Z, angka dari 0 hingga 9 dan perintah lainnya.

  1. Koneksi mouse antara layar monitor dan pengguna atau pengguna. Dalam operasi, mouse dilihat sebagai penunjuk pada layar monitor.
  2. Ini berfungsi seperti mouse, hanya berbeda bentuknya.
  3. Pena Hanya tersedia jika layar yang digunakan adalah layar sentuh. Ini bekerja seperti mouse. Untuk mengeluarkan perintah, cukup tekankan ujung pena di layar.
  4. Mikrofon: Komponen yang memberikan input dalam bentuk suara.
  5. Untuk memindai gambar yang akan dimasukkan ke dalam sistem komputer ke dalam file digital.

  • Komponen Proses

Komponen proses adalah komponen yang fungsinya untuk memproses perintah yang diberikan oleh pengguna dan kemudian ditampilkan pada komponen keluaran.

  1. Prosesor Komponen utama untuk pemrosesan data
  2. Motherboard Komponen tempat semua komponen merujuk. Sebagai koneksi antar komponen INPUT, PROSES dan OUTPUT.
  3. Hard disk Menyimpan semua interpretasi yang diperlukan oleh komputer yang permanen. Suka dan sistem operasi komputer.
  4. Memori (RAM). untuk menyimpan semua aktivitas komputer untuk sementara waktu.

  • Komponen Output

Merupakan komponen yang berfungsi sebagai alat untuk menampilkan informasi dari perintah yang sebelumnya diproses.

  1. Monitor: Komponen yang menunjukkan proses yang dijalankan komputer.
  2. Sebuah printer. Untuk mencetak data di atas kertas.
  3. Output audio untuk pengguna.

Jenis-jenis Komputer

Bergantung pada bentuk dan ukurannya, komputer dapat dibagi menjadi tujuh jenis komputer. Jenis komputer berikut ini tersedia:

  • Manual (sub-notebook)

Ini adalah jenis notebook yang umumnya lebih kecil dari notebook. Biasanya, manual memiliki prosesor dengan spesifikasi rendah.


  • Komputer Laptop

Ini adalah jenis komputer yang dapat ditempatkan di pangkuan pengguna. Laptop memiliki CPU terintegrasi, monitor, dan keyboard yang mudah dibawa.


  • Komputer Tower

Ini adalah komputer yang lebih besar dari komputer desktop dan biasanya diletakkan di samping atau di atas meja. Komputer ini dapat ditambahkan ke perangkat pendukung karena memiliki slot ekspansi.


  • Komputer Notebook

Ini semacam laptop, tetapi dengan ukuran lebih tipis. Umumnya lazim di kalangan siswa, guru dan peneliti yang membutuhkan perangkat komputasi yang kompak dan ringan.


  • Komputer Portabel

Ini adalah jenis komputer yang dapat dengan mudah dibawa ke mana saja di mana ia digunakan untuk tujuan penelitian di lapangan dan bergerak. Jenis komputer ini kurang populer karena biasanya berat dan lebih besar daripada laptop.


  • Komputer Desktop

Seperti namanya, itu adalah komputer yang ada di atas meja. Komputer tersebut mempunyai CPU yang terpisah dari monitor dan keyboard.


  • Komputer Palmtop

Ini adalah komputer yang kecil dan dapat dipegang. Jenis komputer ini sudah sangat jarang digunakan sejak penemuan smartphone.


Perkembangan Komputer

  • Kelompok Tingkatan Pertama

Komputer kelompok pertama dikembangkan dari tahun 1940 hingga 1959. Komputer kelompok pertama disebut ENIAC. Itu adalah singkatan dari Electronic Numerical Integrator dan Computer, yang dikembangkan oleh Angkatan Darat AS untuk tujuan menghitung tabel tembakan di laboratorium senjata.

ENIAC dirancang dan dikembangkan oleh dua profesor dari University of Pennsylvania, AS. Yaitu Prof. John Presper Eckert dan John W. Mauchly. Kemudian mesin itu diluncurkan pada 15 Februari 1946.

ENIAC menggunakan 17.468 tabung vakum, 7.200 kristal dioda, 1.500 pemancar, 70.000 resistor, 10.000 kapasitor dan sekitar 5 juta koneksi yang disolder dengan tangan.

Tabung vakum menghasilkan panas berlebih, membuatnya kurang efisien dan efektif. Bisakah Anda bayangkan betapa panasnya tempat itu di dekat ENIAC? Ini juga membutuhkan sejumlah besar daya untuk beroperasi.

Beratnya 27 ton dan ukuran 2,4 mx 0,9 m x 30 m. Luas ruangan yang digunakan oleh ENIAC adalah sekitar. 167 m2 dan daya listrik yang digunakan adalah 160 kW. Sangat besar, bukan? Bandingkan ini dengan perangkat komputer atau bahkan laptop yang beredar seperti sekarang ini.

Ukurannya tentu sangat besar. Pada saat itu, kemampuan ENIAC terbatas pada penyelesaian satu masalah pada satu waktu dan menggunakan bahasa yang hanya dapat dipahami oleh mesin komputer.

Entri dibuat dengan meninju kartu pada pita kertas. Hasilnya adalah ekspresi.


  • Komputer Tingkat Kedua

Generasi kedua berkembang dari tahun 1959 hingga 1965. Pada saat itu, transistor muncul pada komputer kelompok pertama untuk mengganti komponen tabung vakum.

Transistor adalah perangkat semikonduktor yang berfungsi sebagai konektor dan pemutus sirkuit. Ukuran transistor lebih kecil dan lebih sedikit panas yang dihasilkan dibandingkan dengan tabung vakum. Dengan demikian transistor mampu membuat ukuran komputer lebih kecil dari sebelumnya.

Bahasa pemrograman berkembang di era ini. Bahasa mesin kartu berongga berubah menjadi bahasa simbol. Pemrogram tidak dapat lagi melabeli pernyataan dengan kata-kata dengan titik-titik hitam.

Beberapa bahasa pemrograman yang dikembangkan pada saat itu adalah “Common Business-Oriented Translator” (CBOL) dan “Formula Translator” atau FORTRAN. Perubahan ini membuat komputer bekerja lebih baik dari generasi sebelumnya.


  • Komputer Tingkat Ketiga

Kelompok ketiga komputer muncul antara tahun 1965 dan 1971. Itu ditandai dengan penemuan dan penggunaan sirkuit terpadu (IC) bukan transistor oleh insinyur listrik Texas bernama Jack Kilby. Pada saat itu, transistor dikembangkan dan diperkecil sehingga mereka dapat dipasang pada IC bersama dengan komponen lainnya.

Jadi IC terdiri dari beberapa transistor, kapasitor dan resistor. Berkat pengetahuan Jack, komputer bekerja lebih efisien dan lebih cepat dari komputer sebelumnya. Selain itu, sistem operasi ditemukan dan dikembangkan selama ini.

Karena itu komputer dapat melakukan beberapa tugas sekaligus. Saat itu, komputer juga merupakan komputer pertama yang dapat dihubungkan ke perangkat keras lain seperti keyboard. Contoh kelompok komputer generasi ketiga adalah IBM / 30, UNIVAC 9000, UNIVAC 1108 dan GE 600.


  • Komputer Tingkat Keempat

Inovasi berikutnya setelah penemuan IC adalah kehadiran Large Scale Integration atau produk LSI. Jadi LSI adalah kombinasi atau integrasi dari ribuan IC dalam satu bagian yang disebut CHIP. Dengan memadatkan ribuan IC ke CHIP, ukuran komputer menjadi lebih kecil dan lebih banyak digunakan oleh masyarakat umum. Tidak hanya dalam urusan bisnis, tetapi juga dalam pendidikan dan sebagainya.

Pengembangan kelompok komputer generasi keempat tidak dapat dipisahkan dari perusahaan Intel. Karena perusahaan membuat CHIP pertama yang diperkenalkan pada tahun 1971. Ini adalah awal pengembangan mesin komputer utama, yang sebelumnya termasuk ruang untuk segelintir.

Pengguna komputer dalam grup mulai berkembang luas. Tidak hanya kalangan elit dan pebisnis, tetapi juga masyarakat umum sudah memiliki banyak komputer. Hangga akhirnya mengembangkan jaringan komputer untuk grup perusahaan yang awalnya dimaksudkan untuk mempercepat pertukaran informasi antara grup perusahaan. Lalu internet lahir. Perkembangan penting lainnya dalam grup ini adalah komputer portabel atau laptop yang dapat Anda bawa ke mana saja. Semua jenis laptop dan komputer sekarang merupakan produk komputer keempat.


  • Komputer Tingkat Kelima

Komputer kelompok kelima adalah komputer dengan teknologi seperti kecerdasan buatan. Saat ini sedang diteliti dan dikembangkan terus menerus. Negara yang paling tertarik untuk meneliti dan berpikir tentang kecerdasan buatan adalah Jepang. Mereka bahkan memiliki laboratorium dan lembaga khusus untuk membentuk kelompok komputer generasi kelima.

Kemampuan yang diharapkan dari kelompok komputer generasi kelima adalah kemampuan untuk berinteraksi dengan orang-orang melalui input visual, untuk menanggapi kata-kata yang kita ucapkan, dan untuk beradaptasi dengan kondisi yang mengelilinginya.


Manfaat Komputer

  • Mempermudah Pekerjaan

Keuntungan pertama dari komputer adalah bahwa komputer dapat membuat pekerjaan kita lebih mudah. Menggunakan komputer dapat membuat semua pekerjaan kita lebih mudah dan lebih menghemat waktu.

Pekerjaan yang semula dilakukan secara manual dapat dengan mudah dilakukan secara otomatis menggunakan komputer. Kita dapat menyimpan berbagai dokumen penting di komputer, jadi kita tidak perlu lagi menulis kertas.


  • Media Untuk Mencari Informasi

Berkat teknologi internet, kita dapat menggunakan komputer untuk menemukan banyak informasi menarik di internet.

Hanya dengan memasukkan kata kunci yang ingin kita cari di mesin pencari dapat mesin pencari memberikan hasil dari kata kunci yang kita cari dalam hitungan detik.

Dengan komputer, kami menemukan banyak informasi menarik dan bermanfaat di Internet.


  • Sebagai Media Pembelajaran

Komputer sangat umum di setiap sekolah saat ini. Setiap sekolah harus memiliki komputer untuk media pembelajaran siswa.

Ada begitu banyak tugas yang dapat dilakukan siswa dengan komputer sehingga mereka dapat memperdalam teknologi dengan komputer. Siswa diharapkan menggunakan komputer untuk meneliti pengetahuan yang ada tentang Internet dengan baik dan terbiasa dengan teknologi.


  • Media Komunikasi

Komputer bukan hanya media pembelajaran, tetapi juga media komunikasi. Dengan menghubungkan melalui Internet. Kami dapat berkomunikasi dengan orang di mana saja, kapan saja.

Kami hanya membutuhkan Internet sebagai koneksi komputer untuk berkomunikasi dengan orang luar.


  • Media Hiburan

Selain bekerja, kita juga bisa menggunakan komputer sebagai media hiburan. Dengan komputer kita dapat bermain game, menonton film, dan mendengarkan musik.

Ada begitu banyak hal yang dapat kita lakukan dengan komputer untuk berbicara.


  • Tempat Usaha

Sekalipun harga komputer tidak murah, kita bisa menggunakan komputer sebagai media bisnis kita. Jika kita menggunakan komputer searif mungkin, kita dapat menghasilkan bisnis yang menguntungkan.

Kami dapat membuka rental komputer, layanan pengeditan video, layanan pengetikan, dll. Hanya dengan satu modal komputer.


  • Sebagai Kontrol Media

Keuntungan akhir dari komputer adalah kita dapat menggunakan komputer untuk mengontrol media, mis.

Dengan komputer kami, kami dapat mengontrol objek elektronik dengan lebih mudah dan efisien, dan kami dapat mengontrol objek kapan saja, di mana saja.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Komputer: Pengertian, Penertian Para Ahli, Sejarah, Komponen, Jenis dan Manfaatnya semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang:

Pengertian Badan Usaha : Bentuk, Faktor, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Gotong Royong: Unsur-Unsur, Nilai, Manfaat dan Tujuan

Pengertian Yahoo: Sejarah, Kelebihan-Kekurangan dan Daftar Yahoo

Fungsi Mikroskop: Definisi, Sejarah. Jenis dan Cara Menggunakan Mikroskop

Fungsi Mouse: Pengertian, Cara Kerja Jenis Manfaat dan Sejarah Mouse