Fungsi Flashdisk: Pengertian, Manfaat, Sejarah, Cara Kerja, Kelebihan Dan Kekurangan serta Jenis-jenis Flashdisk

Diposting pada

Fungsi Flashdisk: Pengertian, Manfaat, Sejarah, Cara Kerja, Kelebihan Dan Kekurangan serta Jenis-jenis Flashdisk -Banyak pnyimpanan eksternal yang dapat menyimpan berbagai format data secara permanen saat ini sedang beredar. Namun pada kesempatan ini, kita akan membahas salah satu media penyimpanan kecil dan dapat menyimpan data dengan kapasitas yang cukup, yaitu flash. Silakan lihat deskripsi berikut:


Pengertian Flashdisk

Flash disk ini adalah alat untuk menyimpan data atau file dalam bentuk NAND. Dan juga di perangkat ini ada pengontrol dan area penyimpanan data yang tidak mudah menguap yang tidak dapat hilang meskipun tidak menerima daya. Komponen-komponen dari flash disk ini sederhana dan relatif lebih sedikit dibandingkan dengan hard disk. Ini dapat disebabkan oleh fakta bahwa flash disk tidak memerlukan hard disk, motor atau objek mekanis.

Pada titik ini, flash disk ini matang pada usia 10 tahun. Berikut adalah beberapa tips untuk pengguna flash drive di bawah Windows Me / 2000 / XP: Dia merekomendasikan Anda untuk menghapus flash drive secara terpisah dengan cara yang aman. Dengan cara ini kita dapat menghindari bahwa data Anda belum ditulis atau ditransfer dari memori cache ke memori flash. By the way, Anda tidak harus mencabut flash drive Anda sedemikian rupa sehingga data tertulis Anda tiba-tiba dapat rusak. Memutuskan sambungan dengan aman ini akan memperpanjang masa pakai flash drive Anda karena hubungan baca atau tulis antara komputer atau flash disk pada awalnya aman dan koneksi yang lebih pendek (yang dapat merusak komponen dalam flash) dapat dicegah.


Fungsi Flashdisk

Flash disk ini digunakan untuk menyimpan beberapa data Anda dan juga dapat memindahkan data Anda ke tempat lain yang lebih umum digunakan oleh stik USB. Namun, ini merupakan keuntungan besar untuk flash drive lain yang dapat Anda gunakan untuk menggunakan drive. Ini memberi Anda 10 cara untuk memahami manfaat flash drive dari drive USB yang digunakan untuk tujuan lain, seperti menyimpan atau memindahkan data. Namun, ini tidak hanya menyimpan data, tetapi juga data yang dijalankan oleh aplikasi portabel dari USB flash drive. Anda juga dapat menginstal program dalam aplikasi yang berisi, misalnya, memainkan data audio, game, program anti-virus atau sistem menu praktis dari flash drive.


Manfaat Flashdisk

  • Menginstal Distribusi Linux

Sebagian besar distribusi Linux dapat di-boot dari CD langsung untuk mencoba berbagai program aplikasi Linux dan lingkungan desktop sebelum memutuskan untuk menginstal. Nah, dalam beberapa tahun terakhir tren laptop tanpa ruang CD sudah mulai meledak. Flash adalah alat pelengkap penting. Kemudian kita dapat menggunakannya untuk membuat “Live USB” yang menggantikan “Live CD” dari Linux. Kami dapat mengunduh perangkat lunak yang sesuai untuk distribusi yang dipilih dan membakar gambar ke USB flash drive sehingga dapat di-boot untuk live CD. Caranya juga sederhana. Selain program distribusi yang Anda gunakan secara default, mis. B. Unetbooting dan sejenisnya, Anda dapat membuat trik yang ada dengan aplikasi ISO CD burning distribusi Linux pada Flashdisk di bawah sistem operasi Windows. Misalnya dengan program LiLi (Linux Live), yang dapat Anda unduh secara gratis dari Internet, misalnya dari Pendrive.


  • Menjalankan Aplikasi Portabel

Dengan PortableApps.com, pengguna Windows dapat menyimpan program dan file favorit mereka ke flash drive tanpa memulai sistem operasi baru. Jika Anda menghubungkan stik USB, Anda dapat membuka menu “Start” portabel. Faktanya, tidak semua aplikasi didukung, dan Anda mungkin masih harus beralih menggunakan aplikasi open source untuk memaksimalkan aplikasi portabel. Jika Anda memilih alternatif lain, ada juga LiberKey dan winPenPack.


  • Digunakan Sebagai RAM

Jika komputer Anda melambat dan memiliki flash disk USB dengan ruang kosong, Anda dapat menggunakan antarmuka USB ini untuk meningkatkan kecepatan komputer. Memori flash USB dapat memberi ruang penyimpanan tambahan pada komputer Anda, yang membantu Anda mengelola aplikasi dengan lebih baik dan bekerja lebih cepat. Microsoft menyediakan ReadyBoost untuk mempercepat komputer dengan menggunakan flash sebagai RAM di Windows.


  • Partisi Hardisk

Mempartisi hard drive komputer dapat disederhanakan dengan menginstal program “Parted Magic” pada flash disk. Partisi sulit dan berbahaya jika sistem operasi berjalan dari hard disk yang dimaksud. Namun, boot dari flash drive menghilangkan beberapa risiko dan sangat menyederhanakan seluruh proses.


  • Bermain Permainan

Meskipun tidak persis sama dengan apa yang disebut sebagai “game portabel”, Anda dapat menginstal game tertentu pada flash yang memungkinkan Anda untuk memainkan game melalui database pada flash (tentu saja, dengan sistem operasi pada PC yang sama ) ke Contoh permainan “Minecraft”.


  • Membuat File-file Aman

Kami dapat mengonversi seluruh flash disk ke partisi terenkripsi untuk melindungi file pribadi dari Prankster. Anda juga memiliki opsi untuk melakukan boot flash normal, tetapi yang berisi partisi terpisah yang mengenkripsi file yang tersimpan di dalamnya. Untuk tingkat keamanan tambahan, Anda juga dapat mengatur perlindungan kata sandi untuk partisi terenkripsi Anda. Aplikasi “BitLocker To-Go” dapat digunakan untuk ini.


  • Membuka (Unlock) Komputer

Anda juga dapat mengubah flash menjadi kunci dan mengatur komputer Anda untuk membuka hanya ketika drive terhubung. Aplikasi untuk ini di Windoes adalah “Predator”. Dan banyak aplikasi lain untuk membuka kunci komputer melalui flash ini.


  • Menyelamatkan PC yang Terinfeksi Virus

Dengan menginstal pemindai virus pada Flahsdisk, yang dapat diaktifkan untuk memindai komputer dan memindai malware di PC yang terinfeksi. Anda juga dapat memulihkan PC Anda setelah kerusakan malware menggunakan aplikasi seperti AVG atau Kaspersky.


  • Sinkronisasi Files Secara Otomatis

Aplikasi SyncToy, SyncBack SE atau GoodSync2Go adalah sebuah program yang dapat dimasukkan ke dalam flash disk untuk mengotomatiskan pemindaian dan sinkronisasi berbagai file pada PC dan flash disk.

Sejarah Flashdisk

Flash disk sebagai media penyimpanan pada awalnya tidak sepenting seperti sekarang ini. Ketika flash disk pertama kali muncul, ia memiliki ukuran kurang dari setengah giga atau hanya 512 MB.

Ukurannya lebih kecil dari ukuran CD atau DVD 700 MB. Seiring berjalannya waktu, keberadaan flash ini menjadi sesuatu yang harus diusung hingga terus mengalami kemajuan teknologi.

Jika ada orang yang tidak memiliki laptop atau komputer, mereka dapat membeli flash untuk membantu mereka melakukan kegiatan seperti sekolah, pekerjaan, dll.

Pada titik ini, flash telah membuat kemajuan, meningkatkan ukurannya dari 4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB hingga kapasitas 1 TB.

Karena kapasitas yang terus tumbuh, tidak ada media penyimpanan seperti floppy disk yang perlu digunakan, yang saat ini sulit ditemukan. Saat ini ada banyak merek flash disk dengan kapasitas penyimpanan yang berbeda di pasaran.

Ukuran flash kecil dan sederhana adalah pertimbangan yang bisa dibawa orang dengan mudah dan mudah. Dan flash juga perangkat keras yang tidak mudah menguap, yang berarti bahwa data yang disimpan tidak dapat hilang, bahkan jika flash drive dicabut atau tidak memiliki daya.

Dalam beberapa memori komputer internal, data yang disimpan kadang-kadang hilang ketika komputer dimatikan. Selain itu, flash sangat efektif dan efisien karena data yang disimpan dapat diubah kapan saja.


Cara Kerja Flashdisk

Menggunakan flash disk itu mudah. Ini hanya dihubungkan ke port USB di laptop atau komputer sampai pesan atau pesan muncul di workstation bahwa flash sedang dibaca.

Jika itu dapat dibaca, Anda dapat dengan mudah menggunakan Flash atau membuka file di dalamnya.


Kelebihan dan kekurangan Flashdisk

  • Kelebihan Flashdisk

  1. Flash disk memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup.
  2. Berukuran kecil dan mudah digunakan.

Flash drive dapat berusia 10 tahun bila digunakan dengan benar. Yang saya maksudkan di sini adalah menghindari pencabutan flash yang keras, karena ini dapat merusak data yang tersimpan dan data yang ditulis pada flash dan data pada flash tidak dapat lagi dibuka.

Pengguna Flash disarankan untuk menggunakan flash drive dengan aman. Ini memiliki dampak signifikan pada masa pakai flash karena koneksi baca / tulis antara komputer dan flash dibuat terlebih dahulu dan arus listrik pendek yang dapat merusak komponen-komponen flash dapat dicegah.

  1. Flashdisk memiliki harga yang terjangkau untuk anak sekolah dan masyarakat umum.

  • Kekurangan flashdisk

  1. Mudah hilang karena ukurannya yang kecil.
  2. Jika Anda berada di dalam saku baju atau celana, ada kemungkinan Anda akan terbenam dalam air jika Anda lupa mengeluarkannya dari saku.

Jenis-jenis Flashdiks

  • EASYDISK ALUMINIUM 256 MB USB DRIVE

  1. Pembuat : EasyDisk.
  2. Kapasitas : 256 MB.
  3. Tipe : USB 2.
  4. Model lain : tersedia warna lain.
  5. Kelebihan : write-protection switch.
  6. Kekurangan : mahal.
  • IPTEK: Pen Driv


    e (USB Flash Hard Drive)

  1. Yang dibutuhkan sistem:
  • USB Interface.
  • Windows 98 / 98SE dengan menggunakan driver.
  1. (driver disk tersedia dlm paket).
  2. Windows Me / 2000 / XP, Linux2.40 dan Mac OS9 dan sejenisnya.
  3. FITUR:
  • Plug and play panas.
  • Tidak diperlukan driver untuk WINDOWS ME dan sejenisnya.
  • Kecil, bisa dimasukkan ke dalam saku.
  • Tidak menggunakan baterai.
  • Kapasitasnya antara 16 MB dan 128 MB.
  1. Portable.
  2. Spesifikasi:
  • Dimensi (L/ W/H): 77 x 25 x 9 mm.
  • Berat: 20 g.
  • Kecepatan akses: baca 750 kb / s (maksimum)Write 450 kb/s (maximum).
  • Storage Nand-gate flash memory.

  • MCPRO USB 2.0 128 MB

  1. Pembuat : MCPRO.
  2. Harga : sekitar Rp. 405 ribu.
  3. Kapasitas : 128 MB.
  4. Tipe : USB 1.
  5. Model lain : 256 MB.
  6. Kelebihan : switch lock dan indikator LED.
  7. Kekurangan : –

  • USB FLASH DRIVE

  1. Pembuat : Belkin.
  2. Harga : sekitar Rp. 1 juta.
  3. Kapasitas : 128 MB.
  4. Tipe : USB 1.
  5. Model lain : sampai 512 MB.
  6. Kelebihan : fitur password.
  7. Kekurangan : mahal.

  • POCKET FLASH DRIVE

  1. Pembuat : Corega.
  2. Harga : sekitar Rp. 600 ribu.
  3. Kapasitas : 128 MB.
  4. Tipe : USB 1.
  5. Model lain : 32 MB dan 64 MB.
  6. Kelebihan : write-protection switch.
  7. Kekurangan : performanya dibawah rata-rata.

  • GIZMO

  1. Pembuat : Crucial Technology.
  2. Harga : sekitar Rp. 540 ribu.
  3. Kapasitas : 128 MB.
  4. Tipe : USB 1.
  5. Model lain : sampai 256 MB.
  6. Kelebihan : cukup murah.
  7. Kekurangan : tanpa bonus fitur.

  • DISGO

  1. Pembuat : Disgo.
  2. Harga : sekitar Rp. 860 ribu.
  3. Kapasitas : 128 MB.
  4. Tipe : USB 2 Full Speed.
  5. Model lain : sampai 1 GB.
  6. Kelebihan : fitur password dan bonus software.
  7. Kekurangan : kecepatan kurang maksimal.

  • USB CARD

  1. Pembuat : Freecom.
  2. Harga : sekitar Rp. 1,2 juta.
  3. Kapasitas : 128 MB.
  4. Tipe : USB 2.
  5. Model lain : sampai 512 MB.
  6. Kelebihan : fasilitas proteksi, kompresi dan e-mail.
  7. Kekurangan : mahal.

  • POWERPLAY PRO

  1. Pembuat : Smartdisk.
  2. Harga : sekitar Rp. 850 ribu.
  3. Kapasitas : 32 MB.
  4. Tipe : USB 1.
  5. Model lain : –
  6. Kelebihan : sebagai laser pointer dan remote control.
  7. Kekurangan : persedian terbatas.

  • MEGA MEMORY WATCH

  1. Pembuat : Memix.
  2. Harga : sekitar Rp. 1 juta.
  3. Kapasitas : 128 MB.
  4. Tipe : USB 1.
  5. Model lain : 256 MB / USB 2.
  6. Kelebihan : sekaligus sebagai jam tangan.
  7. Kekurangan : mutu barangnya kurang bagus.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Flashdisk: Pengertian, Manfaat, Sejarah, Cara Kerja, Kelebihan Dan Kekurangan serta Jenis-jenis Flashdisk semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang:

Pengertian 16 Tenses: Rumus, Contoh dan Macam Terlengkap!

Apa Fungsi Pasar?: Pengertian, Jenis-jenis, Konsep, Klasifikasi, Peran Dalam Ekonomi dan Kegunaan Pasar

Pengertian Energi Menurut Para Ahli: Sifat, Jenis dan Manfaat!

Fungsi Bank: Pengertian, Jenis-Jenis Bank dan Tujuan Bank Berdasarkan UU Lengkap!!

Pengertian Negosiasi: Tujuan, Manfaat, Jenis dan Ciri-cirinya!