Pengertian Keyboard: Fungsi, Jenis dan Susunan Tombol Keyboard

Diposting pada

Pengertian Keyboard: Fungsi, Jenis dan Susunan Tombol Keyboard – Sudah pernah mendengar kata keyboard? Pernah dong ya. Keyboard adalah salah satu komponen di komputer. Bila tidak ada keyboard, pengguna komputer akan sedikit kesulitan ketika ingin mengetik. Yaa keyboard biasanya memang dipakai untuk mengetik karena bagian-bagian keyboard memang terdiri dari huruf, angka, simbol dan lainnya. Agar lebih jelas mari baca artikel dibawah ini dengan seksama.


Pengertian Keyboard

Keyboard merupakan sebuah perangkat keras pada komputer yang berfungsi untuki alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan simbol. Dan keyboard pun bisa diartikan sebagai perangkat keras dikomputer yang berwujud papan serta mempunyai berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda-beda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya.

Tidak hanya untuk alat untuk men-inputkan data keyboard pun mempunyai berbagai macam fungsi tombol dengan kombinasi yang khusus. Dasarnya keyboard terdapat 2 macam dalam komputer yaitu PS2 dan USB tetapi dengan berkembangnya teknologi, sekarang keyboard sudah ada yang memakai wireless atau tanpa memakai kabel.


Fungsi Keyboard

Secara umum fungsi keyboard pada komputer adalah untuk mengirimkan perintah dari setiap huruf, angka serta simbol yang di ketikkan kemudian menyampaikannya ke Central Processing Unit (CPU), selanjutnya perintah tersebut diubah menjadi symbol-simbol digital sehingga perintah itu dapat dipahami oleh processor.


Jenis jenis Keyboard Komputer

Dibawah ini merupakan jenis-jenis keyboard komputer dan penjelasannya.

  • Keyboard Numeric

Merupakan keyboard yang dipakai untuk memasukkan bilangan pada jumlah yang sangat besar, orang-orang lebih menyukai memakai tombol numeric yang tata letaknya bisa dengan mudah dijangkau memakai tangan, sehingga lebih nyaman di pakai.


  • Keyboard Klockenberg

Klockenberg ini dirancang dengan tujuan untuk menyempurnakan jenis keyboard yang telah ada. Dengan cara memisahkan kedua bagian dari keyboard, yaitu bagian kiri dan kanan. Bagian tersebut dipisahkan dengan sudut 15 derajat serta dibuat miring ke bagian bawah.Dan keyboard ini mempunyai tombol yang dibuat lebih dekat dengan meja.


  • Keyboard Alphabetic

Tombol yang ada daam keyboard alphabetic ini disusun sama seperti dalam keyboard QWERTY serta keyboard Dvorak, akan tetapi susunan dari hurufnya berurutan seperti halnya pada urutan huruf alphabet. Keyboard ini jarang sekali dipakai, karena memperlambat kecepatan dalam pengetikan.


  • Keyboard Qwerty

Susunan tempat pada keyboard tersebut ditemukan pada tahun 1878. Kemudian keyboard QWERTY menjadi standar pada mesin ketik komersial pada tahun 1905. Asal nama QWERTY diambil berdasarkan 6 huruf yang berurutan pada baris ke-2 dari tombol alfanumerik keyboard itu.


  • Keyboard Dvorak

Keyboard ini ditemukan pada tahun 1932. Susunan huruf pada keyboard Dvroak disusun sedemikian rupa. keyboard ini tangan kanan akan lebih banyak di bebani pekerjaan dibandingkan dengan tangan sebelah kiri. Kemudian susunan tmpat dari keyboard Dvorak dirancang agar 70% dari penakanan dalam home row, jadi dapat mengurangi kelelahan ketika mengetik.


Susunan Tombol Keyboard

  • Main Typing keypad

Merupakan papan ketik pertama yang ada huruf A sampai Z, tanda baca sertaangka 1–0 yang dipakai untuk memasukkan teks ke dalam sistem komputer contphnya saat mengetik dalam Microsoft Office atau pada browser internet.


  • Directional Keys

Empat tombol ini ditandai dengan karakter anak panah yang mengarah pada keempat sisi. Tombol tersebut berfungsi sebagai menggeser kursor serta layar ke arah yang kaian diinginkan.


  • Numeric/ Directional Keypad

adalah tombol yang berisi angka dan tombol pemindah kursor yang biasanya terletak pada sisi kanan main typing board. Tombol tersebut hanya akan berfungsi bila tombol fungsi Numeric key dihidupkan. Tombol tersebut dapat memudahkan kalian dalam mengetik serta memasukkan angka ke dalam sistem.


  • Function Keys

Tombol tersebut ada diatas tombol main typing keypad serta bisa dilihat dari simbol F1 sampai F12. Tombol-tombol tersebut berfungsi untuk mengatur beberapa perintah misalnya menyimpan dokumen, melihatkan menu help saat mengetik di Microsoft word serta lain sebagainya.


  • Special Keys

Special Keys ada dibagian atas tombol directional keys yang terdiri dari tombol Home, Delete, Page up, Page Down, Insert, Print screen, pause break dan End.


  • Modifier Keys

Yang ada didalam keypad ini ialah tombol Ctrl, Alt serta Shift. Sesuai dengan namanya, ketiga tombol tersebut akan merubah atau memodifikasi fungsi suatu tombol lain dalam keypad dan bisa ditekan bersamaan tombol lain tersebut untuk memunculkan suatu perintah. Seperti tombol Ctrl yang ditekan bersamaan dengan huruf C akan secara otomatis menyalin data yang sudah dipilih pada monitor. Kombinasi tombol-tombol tersebut pun sering disebut sebagai shortcut keys.


  • Status light

Status light merupakan indikator cahaya yang memberitahu bahwa suatu tombol sedang dipakai untuk mengatur suatu fungsi misalnya tombol Caps lock yang memungkinkan data diketik dengan huruf kapital dan numeric lock yang dipakai untuk mengaktifkan tombol numeric key.


  • Windows keys

Biasanya pada keyboard pada komputer windows mempunyai tombol yang bergambar logo Microsoft windows itu sendiri. Berfungsi untuk memunculkan menu pada jendela windows di komputer.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Pengertian Keyboard: Fungsi, Jenis dan Susunan Tombol Keyboard semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: