Pengertian 5G: Cera Kerja, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan

Diposting pada

Pengertian 5G: Cera Kerja, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan  – Perkembangan zaman yang semakin pesat langsung berimbas pula terhadap dunia teknologi. Sebagai salah satu pilar utama dalam aktivitas sehari-hari, teknologi juga ikut berkembang demi memudahkan hidup bagi yang menggunakannya dengan baik dan tepat. Salah satu sektor teknologi yang terkena dampak positif dari inovasi para pelaku di dalamnya adalah telekomunikasi. Di Indonesia sendiri, sangat terasa perkembangan telekomunikasi yang semakin hari semakin memudahkan para penggunanya.

Dulu, semua hanya mengenal telepon umum dan juga telepon yang ada di rumah. Selanjutnya, ketika telepon umum, bisnis wartel mulai menjamur demi memudahkan orang-orang yang membutuhkan komunikasi. Lalu munculah teknologi yang dinamakan handphone. Dari yang diawali dengan harga yang sangat mahal, handphone bisa dijangkau oleh semua orang hanya dengan harga ratusan ribu saja.

Lalu datanglah jaringan 3G yang sangat digemari karena memberikan banyak kemudahan, khususnya dalam kecepatan internet serta fitur video call. Selanjutnya jaringan 3.5G sampai 4G, akhirnya pada tahun lalu, mulai muncul 5G. Apa itu 5G? Apa saja keunggulannya? Mulai kapan bisa digunakan di Indonesia? Berikut penjelasannya.


Pengertian 5G

Seperti ang dijelaskan di atas, 5G adalah konektivitas internet seluler generasi kelima yang menjanjikan kecepatan pengunduhan dan pengunggahan data yang jauh lebih cepat, jangkauan yang lebih luas dan koneksi yang lebih stabil. Jaringan ini memanfaatkan spektrum radio dengan lebih baik dan memungkinkan lebih banyak perangkat untuk dapat mengakses internet seluler pada saat yang bersamaan.


Cara kerja 5G

5G yang saat ini direncanakan untuk beroperasi dengan tali frekuensi tinggi dari spektrum nirkabel antara 30GHz hingga 300GHz. Pita ini disebut spektrum gelombang milimeter. Gelombang milimeter ini bisa mentransfer data dengan kecepatan sangat tinggi, tapi mereka tidak berpindah menggunakan gelombang frekuensi yang lebih rendah yang digunakan dalam jaringan 4G. Gelombang ini juga susah melewati tembok, bangunan dan penghalang lainnya.

Dalam jaringan yang lebih kecil misal 4G LTE, antena bisa pergi jauh serta penghalang di atas tidaklah bermasalah. Tapi saat jaringan 5G dibangun, para operator seluler harus menggunakan lebih banyak antena untuk memperoleh jangkauan yang sama dengan jaringan yang saat ini ada. Anda akan melihat antena mini di mana-mana.

Karna itulah sebagian perusahaan seperti Qualcomm serta Intel bereksperimen menggunakan jarak sub-6 Ghz untuk menambah sinyal gelombang milimeter dengan sesuatu yang lebih stabil. Masa ini jaringan 5G masih dalam bentuk yang sangat dasar.


Kelebihan dan Kekurangan 5G

  • Kelebihan 5G

Ada beberapa keunggulan teknologi 5G, beberapa keunggulan nya antara lain:

  1. Resolusi tinggi dan bi-directional membentuk bandwidth yang besar.
  2. Teknologi untuk mengumpulkan semua jaringan pada satu platform.
  3. Lebih efektif dan efisien.
  4. Kemungkinan besar, akan memberikan data penyiaran yang besar (di Gigabit), yang akan mendukung lebih dari 60.000 koneksi.
  5. Mudah dikelola dengan generasi sebelumnya
  6. Kemungkinan menyediakan konektivitas yang seragam, tidak terganggu, dan konsisten di seluruh dunia.
  7. Anda bisa mengendalikan PC Anda dengan handset.
  8. Pendidikan akan menjadi lebih mudah (Online Learning)
  9. Kemungkinan untuk menemukan dan mencari orang yang hilang.
  10. Kemungkinan, bencana alam termasuk tsunami, gempa dll dapat dideteksi lebih cepat.

  • Kekurangan 5G

Meskipun, teknologi 5G diteliti dan dikonseptualisasikan untuk memecahkan semua masalah sinyal radio dan kesulitan dunia seluler, namun karena beberapa alasan keamanan dan kurangnya kemajuan teknologi di sebagian besar wilayah geografis.

Berikut adalah beberapa kekuragan 5G yaitu:

  1. Teknologi masih dalam proses dan penelitian tentang viabilitasnya sedang berlangsung.
  2. Kecepatan, teknologi ini mengklaim sepertinya sulit untuk dicapai (di masa depan, mungkin saja) karena dukungan teknologi yang tidak kompeten di sebagian besar belahan dunia.
  3. Banyak perangkat lama tidak akan kompeten dengan 5G, oleh karena itu, semua itu perlu diganti dengan gadget yang relative mahal
  4. Mengembangkan infrastruktur membutuhkan biaya tinggi.
  5. Masalah keamanan dan privasi pengguna 5G.

Seberapa cepat laju 5G?

Jaringan seluler 4G tercepat saat ini menawarkan rata-rata sekitar 45Mbps (megabit per detik), meskipun industri ini masih berharap dapat mencapai 1Gbps (gigabit per detik = 1.000Mbps).

Pembuat chip Qualcomm menganggap 5G dapat mencapai kecepatan penelusuran dan unduhan sekitar 10 hingga 20 kali lebih cepat dalam kondisi dunia nyata. Namun pernyataan itu bertolak belakang dengan hasil penelitian saat ini.

Dengan 5G, pengguna kemungkinan bisa mengunduh film definisi tinggi dalam waktu satu menit atau lebih saja.

Ada juga jenis jaringan Standalone 5G yang diperkirakan akan memiliki frekuensi yang sangat tinggi yaitu 30GHz, namun sayangnya jaringan ini dipastikan belum akan tersedia dalam beberapa tahun ini.


Mengenal Generasa Jaringan 1G-5G

  • Generasi Pertama

1G

Untuk generasi pertama, ponsel yang digunakan merupakan ponsel klasik. Gak cocok dipanggil smartphone, karena ponsel dengan jaringan 1G ini hanya bisa untuk menelvon. Bentuk ponsel besar dengan layar sangat kecil, tidak mempunyai kamera apalagi untuk akses internet.

1G adalah sinyal radio yang dikirim secara analog. Kelemahannya adalah sangat terbatasnya jaringan. Kecepatannya hanya mencapai 14,4 kbps.


  • Generasi Kedua

2G

Jaringan 2G telah beralih ke teknologi digital. Jaringan ini dijadikan standar komersial format digital. Dengan kecepatan rendah-menengah sekitar 9-14,4 kbps. Contohnya adalah GSM dan CDMA2000.

2,5G (GPRS)

Jaringan ini merupakan peningkatan dari jaringan 2G. Jaringan yang masuk jenis 2G adalah GPRS dengan kecepatan 56 kbps hingga 115 kbps. Kemampuannya telah dapat mengakses internet, mengirim email dan mengirim gambar(MMS), meski dengan kemampuan sangat terbatas.

2,75G (EDGE)

Jaringan EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution), merupakan teknologi evolusi dari GSM. Kecepatan Edge mencapai 3 kali lipat dari GPRS dengan memiliki kemampuan yang sama yaitu dapat akses internet, email dan MMS.


  • Generasi Ketiga

3G

Jaringan 3G dengan kemampuan sama lebih tinggi dari EDGE. Secara hukum kecepatan 3g mencapai 480 kbps, sehingga diyakini dapat melakukan video streaming dan video calling.

3,5G/3G+ (HSDPA)

HSDPA (High Speed Downlink Packet Acces) merupakan pengembangan dari 3G. kinerja HSDPA sama dengan 3G tetapi dengan kualitas gambar yang lebih bagus.

HSUPA

HSUPA pertama kali dukeluarkan pdatahun 2007. HSUPA meningkatka kecepatan uplink sampai 5,76 Mbps, dengan begitu kinerjanya meningkat dalam hal mengunggah gambar, video hingga dapat melakukan video conference dan game real time dengan mudah.

HSPA

HSPA merupakan kemajuan dari jaringan 3G sehingga kinerja meningkat jauh lebih cepat. HSPA dapat disamakan dengan EV-DO yang merupakan pengembangan dari

CDMA2000.

HSPA+

HSPA+ (High Speed Packet Access +) disebut evolusi dari HSPA dengan teknologi standar pita lebar nirkabel. Kecepatan hspa+ sedang download mencapai 42 Mbps dan saat Uplink mencapai 11 Mbps.

EV-DO

EV-DO (Evolution Data Optimized) merupakan sebuah standar wireless broadband berkecepatan tinggi. Istilah EV-DO secara resmi dikeluarkan oleh CDMA2000. Ia adalah salah satu dalam standar wireless 3G selain WCDMA.


  • Generasi Keempat

4G (LTE)

4G merupakan peningkatan dari jaringan 3G. Nama resmi dari teknologi 4G adalah 3G anda beyond. Jaringan 4G merupakan sistem berbasis IP Terintegrasi full. Bila modifikasi jaringan kabel dan nirkabel telah terwujud maka akan menghasilkan kecepatan 100 Mbps dengan kualitas premium dan keamanan tinggi serta harga yang terjangkau.


  • Generasi Kelima

5G

Teknologi 5G merupakan teknologi generasi kelima. Dengan 4G saja kecepatannya begitu cepat, kayamana dengan 5G ini. Kecepatan 5G digadang-gadang dapat mencapai lebih dari 1 Gbps, jauh lebih cepat daripada 4G. Pada kecepatan yang cepat tersebut maka dipercayakan datang teknologi-teknologi baru berbasis teknologi 5G.

Teknologi 5G diperkirakan akan bisa dinikmati pengguna mulai tahun 2018. Itulah perbedaan 4G dan 5G serta generasi sebelumnya. Kehidupan manusia memang tak dapat dipisahkan lagi oleh teknologi internet. Semakin tinggi teknologinya maka semakin memudahkan manusia dalam beraktivitas.


Jenis Ponsel Ini Bakal Didukung Jaringan 5G

  • Samsung Galaxy S10 5G

Samsung Galaxy S10 kali ini ikut mengeluarkan variasi dengan kemampuan 5G. Seri 5G ini memiliki layar dan kemampuan kamera yang lebih baik dari standar S10 lain. Saat ini masih belum diketahu mengenai detail spesifikasi ponsel ini. Hanya saja sudah dipastikan bahwa seri 5G ini akan memiliki RAM 8GB dan penyimpanan internal sebesar 256GB. Juga dengan kapasitas baterai 4.500 mAh. Samsung rencananya akan merilis seri Galaxy S10 5G ini pada awal musim panas tahun ini.


  • Huawei Mate X

Selain Samsung galaxy S10 Huawei pun mengeluarkan model ponsel lipat yang disebut Mate X. ponsel lipat punya Huawei tersebut sudah didukung dengan jaringan 5G demi kelancaran koneksi internet. HP lipat dalam dimensi palig tinggi sebesar 8 inci tersebut rencananya akan harga edara €2,299 atau sekitar Rp 37 jutaan.


  • LG V50 ThinQ

Ponsel keluaran terbaru dari LG ini mungkin memiliki kualiatas di bawah Samsung S10 maupun Huawei Mate X. Tetapi satu hal yang pasti, LG V50 ThinQ sudah berani mengusung 5G sebagai pendukung jaringannya. LG V50 ThinQ ini nantinya akan didukung dengan dual screen accessory yang dapat dipakai untuk menambahkan display kedua.


  • Xiaomi Mi Mix 3

Pada Oktober 2018 lalu, Xiaomi secara resmi telah mengumumkan perilisan seri ini akan dilakukan pada bulan Mei 2019. Mi Mix 3 jelas akan meramaikan persaingan ponsel 5G di awal tahun 2019 ini.

  • Ponsel ini akan memiliki layar tanpa bezel. Bentuk Xiaomi Mi Mix 3 dapat di-slide untuk mengeluarkan kamera selfie yang ada di belakang layar utama.

beritanya  ponsel ini akan ada di edar harga 9 jutaan. Harga yang cukup terjangkau untuk ukuran ponsel 5G.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Pengertian 5G: Cera Kerja, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare :).

Baca juga artikel lainnya tentang: