Pengertian Musik Ansambel: Sejarah, Cara Memainkan, Fungsi

Diposting pada

Pengertian Musik Ansambel: Sejarah, Cara Memainkan, Fungsi – Kata ansambel berasal dari bahasa Perancis, ansambel berarti suatu rombongan musik. Sedangkan menurut kamus musik, ansambel adalah kelompok kegiatan musik dengan jenis kegiatan seperti yang tercantum dalam sebutannya, musik ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik tertentu serta memainkan lagu-lagu dengan aransemen sederhana.


Pengertian Musik Ansambel

Kata ansambel berasal dari bahasa prancis Ansambel berarti suatu rombongan music, sedangkan ansambel menurut kamus musik, ansambel adalah kelompok kegiatan musik dengan jenis kegiatan seperti yang tercantum dalam sebutannya.


Sejarah Musik Ansembel

Sejarah Musik Ansembel dan pengertiannya. Dahulu musik yang diciptakan oleh orang – orang terdahulu memiliki kesan mistis atau bertujuan untuk dijadikan lagu persembahan untuk mereka para leluhurnya dan juga sebagai pengantar doa untuk dewa – dewanya, musik zaman dulu yang mereka buat sama sekali belum menggunakan alat musik sebagaimana alat musik yang saat ini kita gunakan.

Berkembangnya peradaban manusia, alat musik pun mengalami perubahan, memanfaatkan tubuh sebagai alat musik yang bersifat ritmis. Musik bisa diperumpamakan suatu nyawa bahkan musik adalah suatu napas bagi kehidupan manusia (semua orang).

Dengan musik bisa menyatukan bermacam – macam perbedaan antar sesama manusia. Musik bisa dijadikan suatu media komunikasi antar sesama manusia tanpa pandang bulu atau tanpa perbedaan harkat dan martabat.

Kontemporer yang terjadi pada musik sekarang ini sangat berdampak pada perkembangan tatanan kehidupan manusia, di zaman sekarang ini, musik tidak lagi dijadikan sebagai sarana peribadatan melainkan menjadi sarana hiburan dan bersifat mendidik, musik sekarang ini sudah menjadi sesuatu yang universal dan dapat dinikmati oleh semua orang tua muda dan anak anak.  Musik ansambel mempunyai dua jenis yaitu musik ansambel sejenis dan musik ansambel campuran.


Menurut Peranan dan Fungsinya

Menurut peran musik ansambel dibagi menjadi tiga antara lain :


  • Ansambel Melodis

Ansambel melodis merupakan alat musik yang dipakai dengan fungsi untuk memainkan rangkaian nada-nada yang merupakan melodi lagu, musik ansambel melodis yaitu piano, rekorder, pianika, biola, terompet, tamborin dan harmonica.


  • Ansambel Ritmis

Ansambel ritmis merupakan alat musik dengna fungsi mengatur irama suatu lagu, contoh dari ansambel ritmis adalah tamborin, drum set, triangel, gong dan gendang.


  • Ansambel Harmonis

Adalah alat musik yang dipakai dengan fungsi untuk memainkan melodi lagu serta mengatur irama lagu.


  • Menurut Golongannya

Menurut golongan alat musik ansambel dibedakan menjadi dua jenis yakni dilihat dari aspek sumber bunyi, cara memainkan dan peranannya dalam musik ansambel.


Dari Aspek Sumber Bunyi

  • Akrofon

Merupakan alat musik yang bunyinya dari getaran udara yang ada. Contoh akrofon antara lain seruling dan terompet.


  • Membranofon

Membranofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya dari plastik. Contoh membranofon antara lain gendang, rebana dan drum.


  • Kordofon

Kordofon merupakan alat musik yang bunyinya berasal dari dawai atau tali. Contoh kordofon antara lain gitar, kecapi, dan biola.


  • Idiofon

Idiofon merupakan alat musik yang bunyinya berada pada bunyi alat itu sendiri ketika dimainkan. Contoh idiofon antara lain angklun dan gong.


  • Elektrofon

Elektrofon merupakan alat musik yang bunyinya dari tegangan listrik. Contoh elektrofon antara lain organ listrik, gitar listrik.


Peranan Alat Musik

  • Alat Musik Melodi

Alat musik yang dapat menghasilkan nada yang kemudian menjadi sebuah lagu pada musik ansambel . Contoh : piano dan gitar


  • Alat Musik Harmoni

Alat musik yang dapat menghasilkan suara dalam mengiringi sebuah lagu. Contoh : Bass, biola, dan akordeon.


  • Alat Musik Ritmis

Merupakan alat musik yang mempunyai peranan untuk mengatur ritme sebuah lagu. Contoh : ring bel dan triangle.


Cara Memainkan

  • Alat music dipukul : drum, bongo, gendang, dan saron.
  • Alat musik dipetik : gitar dan kecapi.
  • Alat music ditiup : terompet, seruling, dan klarinet.
  • Alat musik digoyangkan/digetarkan : angklung
  • Alat music digesek: biola, rebab, dan selo.

Jenis-Jenis Musik Ansambel

Musik ansambel diklasifikasikan menjadi tiga antara lain menurut penyajian musiknya, menurut peranan dan fungsi alat-alat musik dan menurut golongan alat musiknya.

Menurut Cara penyajiannya, musik ansambel dibagi menjadi dua yakni:


  • Musik Ansambel Sejenis

Musik ansambel sejenis merupakan tampilan penyajian musik ansambel dengan memakai alat-alat musik sejenis. Adapun contoh dari musik ansambel sejenis antara lain yaitu ansambel rekorder.


  • Musik Ansambel Campuran

Musik ansambel campuran merupakan bentuk penyajian musik ansambel dengan memakai beberapa jenis alat musik dan beberapa jenis alat musik. Contoh dari musik ansambel campuran antara lain yaitu gitar, rekorder, pianika, triangel, simbal dan juga tamborin.


  • Ansambel Sejenis

Ansambel sejenisadalah alat-alat musik yang dimainkan dengan yang sejenis. Misalnya, ansambel rekorder, berarti seluruh pemain memainkan rekorder, demikian ansambel gitar, berarti seluruh pemainnya memainkan gitar.

Namun, ada pula ansambel yang memainkan beberapa jenis aiat musik tertentu yang masih tergolong dalam jenis yang sama. Misalnya, ansambel gesek. Alat musik yang dimainkan mungkin biola, selo, dan kontra bas, tetapi semuanya masih tergolong alat musik gesek. Ansambel tersebut juga masih tergolong ansambel sejenis.

Sejenis dengan ini adalah ansambel tiup. Alat musik yang dimainkan bisa berupa flute, saksofon, trombon, trompet, klarinet, oboe, dan alat musik tiup lainnya.

Selain itu, terdapat ansambel perkusi yang memainkan alat musik, seperti rampak gendang dan gamelan.


  1. Ansambel Campuran

Ansambel campuran melibatkan permainan aneka macam alat musik, seperti alat musik tiup, gesek, petik, dan perkusi, ansambel campuran yang melibatkan banyak macam alat musik membutuhkan pemain yang memiliki kecakapan memainkan musik yang berbeda-beda.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Pengertian Musik Ansambel: Sejarah, Cara Memainkan, Fungsi semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: