Fungsi Tulang Hidung

Apa Fungsi dari Tulang Hidung dan Bagiannya?

Diposting pada

Apa Fungsi dari Tulang Hidung dan Bagiannya? – Tulang hidung atau dikenal dengan istilah tulang hidung dalam bahasa Inggris merupakan salah satu tulang tengkorak yang membentuk salah satu struktur dasar wajah seseorang. Tulang hidungnya memanjang dan kecil. Namun, bentuk dan ukuran tulang hidung tidak sama antar manusia, masing-masing bergantung pada ukuran tubuh dan wajah individu itu sendiri dan keturunan atau sukunya.

Misalnya tulang hidung seseorang yang berasal dari suku Jawa tentunya berbeda dengan tulang hidung suku bangsa di Eropa. Tulang hidung terdiri dari dua bagian. Kedua bagian tulang tersebut berdekatan satu sama lain dan juga rapi bersebelahan dan mempunyai struktur yang kuat, yaitu terletak di tengah dan di atas wajah. Di bagian dalam tulang hidung adalah bagian lain yang juga terdiri dari tulang hidung, yang disebut tulang kering. Dan pada kesempatan kali ini beserta penjelasannya akan kita bahas apa saja fungsi tulang hidung bagi manusia.


Fungsi Tulang Hidung

Tulang hidung berfungsi sebagai pelindung bagi hidung itu sendiri, yaitu sebagai berikut:

  • Perlindungan Trauma

Hidung manusia yang tidak tertutup oleh bagian lain, rentan terhadap benturan. Kehadiran tulang hidung melindungi hidung bagian dalam dari trauma ini dan memungkinkan hidung untuk menjalankan perannya secara optimal.


  • Sebagai Penopang

Tulang hidung bermanfaat sebagai penyangga hidung, agar hidung memiliki bentuk yang indah dan tidak mudah rapuh, karena hidung dapat berdiri dan melengkapi keindahan susunan wajah manusia sebagai penyangga. seluruh.


  • Sebagian Indera Penciuman

Sudah memahami bahwa hidung memiliki fungsi vital sebagai indera penciuman; tanpa kehadiran tulang hidung, saraf yang bekerja untuk indra penciuman tidak dapat sepenuhnya terlindungi dan rentan terhadap trauma eksternal.


  • Sistem Pernafasan

Tibia di hidung, yang juga merupakan susunan tulang hidung, merupakan cara pertukaran udara atau oksigen di saluran udara. Udara yang keluar dari inlet memiliki rute dan arah yang sempurna karena mengikuti bentuk alami tulang hidung sehingga meminimalisir bahaya dan manusia dapat bernafas dengan nyaman.


Bagian-bagian Hidung

  • Rongga Hidung

Rongga hidung merupakan organ yang sangat penting karena berfungsi sebagai tempat masuknya udara ke tenggorokan. Selain itu, rongga hidung menjaga kelembapan, suhu, dan tekanan udara. Ada selaput lendir dan rambut hidung (silia) di rongga tersebut. Rongga tersebut dibentuk oleh tulang tengkorak yang menyusun dinding hidung.


  • Septum (Pemisah Hidung)

Perlu Anda ketahui bahwa lubang hidung terbelah menjadi dua, bukan? Nah, pemisah antara lubang hidung kanan dan kiri disebut septum hidung. Septum, atau sekat hidung, ditutupi dengan lendir, yang mengatur suhu dan kelembaban rongga di dalamnya.


  • Bulu Hidung

Rambut slias / hidung adalah bulu yang terletak di bagian bawah serabut saraf pengharum. Fungsinya untuk menyaring udara yang masuk. Sehingga kotoran atau debu yang masuk ke hidung tidak masuk ke saluran pernafasan kita.


  • Serabut Saraf Pembau

Seperti namanya, saraf penciuman di hidung berperan sebagai reseptor berupa penciuman. Ini adalah reseptor utama indra penciuman kita.Jika ada bau di sekitar kita, saraf penciuman akan menerimanya dan meneruskannya ke otak sehingga kita bisa mengenali bau tersebut.


  • Selaput Lendir

Selaput hidung merupakan bagian yang mengeluarkan lendir, atau dalam bahasa sederhananya ahem, ingus. Eits, jangan remehkan ingus lho? Lendir ini melindungi kita dari berbagai jenis kotoran dan bakteri. Oleh karena itu, ketika kita sedang tidak enak badan, warna dan kepadatan lendir kita berubah.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Apa Fungsi dari Tulang Hidung dan Bagiannya? semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: