Fungsi Fosfor

Apa Fungsi dari Fosfor?

Diposting pada

Apa Fungsi dari Fosfor? – Tubuh kita membutuhkan berbagai macam nutrisi untuk berfungsi secara normal. Beberapa nutrisi yang sudah dikenal antara lain berbagai kalsium, karbidrat, macam vitamin, kalium, dan lain-lain. Semua nutrisi ini memiliki manfaatnya masing-masing. Begitu pun dengan fosfor, salah satu nutrisi yang mungkin jarang kita memasukkan asupannya.

Fosfor adalah mineral penyusun penting bagi tulang manusia. Mineral fosfor Tercatat sebagai mineral paling kedua dalam tubuh manusia dan merupakan elemen turpenting kedua dalam pengawasan kesehatan dan integritas tulang, di belakang kalsium.


Fungsi Fosfor

Sebelum menjelaskan fungsi mineral ini, perlu diketahui bahwa kadar fosfor yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Faktanya, terlalu banyak fosfor lebih umum daripada terlalu sedikit. Di bawah ini adalah beberapa manfaat fosfor yang bermanfaat bagi tubuh, di antaranya:


  • Memperkuat Tulang dan Gigi

Tulang dan gigi sebenarnya terdiri dari mineral yang disebut kalsium fosfat. Hal ini menyebabkan tubuh membutuhkan makanan yang terbuat dari fosfor agar dapat diubah menjadi fosfat, zat kimia yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel tulang baru. – Iklan – Kondisi ini pada akhirnya dapat mencegah osteoporosis. Selain itu mineral ini juga membantu meningkatkan kesehatan gusi dan email gigi.


  • Mendukung Regenerasi Sel

Fosfor merupakan salah satu elemen penting dalam struktur DNA karena terdapat di sebagian besar sel tubuh. Fosfor juga berperan dalam proses perbaikan dan pemeliharaan berbagai sel tubuh yang mengalami keausan akibat aktivitas sehari-hari. Peran fosfor memastikan bahwa sel-sel tubuh berkembang dengan baik dan tetap aktif untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Manfaatnya terletak pada pembentukan protein dan stimulasi hormon yang tepat untuk merangsang aktivitas metabolisme.


  • Detoksifikasi Mineral

Ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan ginjal dengan memastikan pelepasan limbah yang tepat dari ginjal melalui proses buang air kecil dan pembuangan. Dengan meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil, tubuh dapat menyeimbangkan kadar asam urat, garam berlebih, air, bahkan lemak.


  • Mengurangi Kelemahan

Apakah Anda mengalami kelemahan otot, mati rasa, kelelahan dan penyakit serupa? Jika demikian, sepertinya tubuh Anda membutuhkan fosfor. Mempertahankan kadar fosfor yang normal adalah cara terbaik untuk tetap bugar dan aktif. Padahal, kelemahan seksual juga bisa disembuhkan dengan melengkapi tubuh dengan fosfor, sehingga masalah seperti kehilangan libido, frigiditas, impotensi, dan motilitas sperma bisa meningkat dengan suplai fosfor yang cukup.


  • Mendukung Perkembangan

Fosfor kognitif adalah mineral esensial yang ditemukan di dalam dan di sekitar sel otak dan menunjukkan bahwa mineral ini bertanggung jawab atas fungsi-fungsi penting. Tingkat fosfor yang tepat memastikan fungsi otak yang tepat, serta pertumbuhan dan perkembangan kognitif. Satu studi menemukan bahwa kekurangan fosfor dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan kognitif dan terjadinya penyakit neurologis seperti Alzheimer dan demensia.


  • Merangsang Metabolisme

Protein fosfor merupakan salah satu elemen terpenting dalam pembentukan protein, yang selanjutnya mendukung proses reproduksi. Mineral ini juga memfasilitasi penggunaan protein dalam tubuh manusia untuk memastikan pertumbuhan sel yang tepat dan memperbaikinya bila diperlukan.


  • Menjaga Kondisi Pencernaan

Fungsi akhir fosfor adalah menjaga kesehatan pencernaan. Mineral ini secara efisien dapat merangsang riboflavin dan niasin. Kedua jenis vitamin B ini bertanggung jawab atas segala hal mulai dari metabolisme energi hingga sistem respons neurologis dan emosional.


Makanan yang Mengandug Fosfor

Agar proses fosfor harian berjalan lebih maksimal, Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi fosfor berikut ini:

  • Daging Ayam

Pada awal lini Healh, satu porsi (140 gram) ayam dapat mengandung sekitar 300 mg fosfor, yang lebih dari 40 persen dari total kebutuhan fosfor harian untuk orang dewasa. Diketahui bahwa cara Anda memasaknya memengaruhi jumlah fosfor dalam daging. Dilaporkan bahwa sebagian besar fosfor dipertahankan selama pemanggangan, sementara memasak mengurangi kandungan mineral ini sekitar 25 persen. Tidak hanya tinggi fosfor, ayam juga enak dimakan karena juga tinggi protein, vitamin B, dan selenium.


  • Jeroan Daging

 organ dalam seperti otak dan hati merupakan sumber fosfor yang sangat mudah diserap tubuh. Misalnya, porsi 85 gram daging sapi goreng dapat menyediakan hampir 50 persen kebutuhan fosfor harian orang dewasa. Sedangkan hati ayam mampu menyediakan 53 persen kebutuhan fosfor harian orang dewasa dalam 85 gram bahan.

Daging organ dalam juga kaya nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin B12, zat besi, dan mineral. Namun, perhatikan bahwa jeroan ayam itik tidak boleh dikonsumsi terlalu sering atau terlalu sering. Meski jeroan kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh, namun tetap saja mengandung kadar kolesterol yang tinggi.


  • Seafood

Banyak jenis makanan laut merupakan sumber fosfor yang baik. Cumi-cumi dan cumi-cumi adalah sumber fosfor terkaya, menyediakan 70 persen jumlah fosfor harian yang dibutuhkan dalam 1 porsi atau 85 gram bahan yang dimasak. Beberapa makanan laut seperti salmon, sarden, dan mackerel juga merupakan sumber fosfor yang baik. Selain itu, jenis seafood di atas merupakan sumber asam lemak omega-3 yang memiliki khasiat anti inflamasi untuk membantu melindungi tubuh dari kanker, penyakit jantung, dan penyakit kronis lainnya.


  • Susu

Susu dan produk susu bisa menjadi makanan yang tinggi fosfor. Telah ditemukan bahwa produk susu rendah lemak dan bebas lemak seperti yogurt dan keju cottage mengandung fosfor paling banyak. Hanya satu ons (28 gram) keju cottage dapat mengandung 213 mg fosfor, yang merupakan 30 persen dari kebutuhan fosfor harian untuk orang dewasa.


  • Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari dan biji labu juga merupakan makanan yang kaya akan fosfor. Satu ons (28 gram) biji bunga matahari panggang atau biji labu dapat mengandung sekitar 45 persen kebutuhan fosfor harian orang dewasa. Namun, ternyata hingga 80 fosfor yang ditemukan dalam biji-bijian ini disimpan dalam bentuk yang disebut asam fitat atau asam fitat, yang tidak dapat dicerna oleh manusia. Jadi merendam benih hingga berkecambah dapat membantu memecah asam fitat dan melepaskan sebagian fosfor yang dapat diserap tubuh.


  • Kacang

Kebanyakan legum adalah sumber fosfor yang baik, dan kacang Brazil termasuk dalam daftar teratas. Hanya setengah cangkir (67 gram) kacang Brazil dapat menyediakan lebih dari 2/3 dari kebutuhan fosfor harian orang dewasa. Jenis kacang lain yang menyediakan setidaknya 40 persen kebutuhan fosfor harian Anda per 1/2 cangkir (60-70 gram) termasuk kacang mete, almond, kacang pinus, dan pistachio. Kacang juga merupakan sumber protein nabati, antioksidan, dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Makan kacang secara teratur dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik. Namun, seperti biji-bijian, sebagian besar fosfor dalam kacang-kacangan disimpan sebagai asam fitat, yang tidak dapat dicerna oleh manusia. Beginilah cara itu perlu direndam untuk menghilangkan fosfor, meskipun tidak semua penelitian setuju.


  • Gandum

Biji-bijian Utuh Banyak biji-bijian mengandung fosfor, termasuk gandum dan beras. Produk biji-bijian mengandung fosfor paling banyak, yaitu 291 mg fosfor dalam 194 gram bahan. Sedangkan beras hanya mengandung 162 mg fosfor per 194 gram bahan. Sebagian besar fosfor dalam biji-bijian berada di lapisan luar endosperm yang dikenal sebagai aleuron dan lapisan dalam yang disebut basil. Lapisan ini bisa hilang saat biji-bijian diolah, itulah sebabnya biji-bijian merupakan sumber fosfor yang baik dan mengapa biji-bijian olahan tidak sebanyak itu. Namun, seperti halnya biji-bijian, sebagian besar fosfor dalam biji-bijian disimpan sebagai asam fitat, yang sulit dicerna dan diserap tubuh. Biji-bijian yang direndam, tumbuh, atau difermentasi dapat memecah sebagian asam fitat dan menyerap lebih banyak fosfor untuk tubuh.


  • Kedelai

Kedelai dapat dinikmati dalam berbagai bentuk, dan beberapa mengandung lebih banyak fosfor daripada yang lain. Misalnya, kedelai tua mengandung fosfor paling banyak, sedangkan edamame, bentuk kedelai mentah, mengandung 60 persen lebih sedikit. Kedelai yang dimasak dapat menyediakan lebih dari 100 persen kebutuhan fosfor harian Anda per 2/3 cangkir (172 gram) bahan.


  • Tahu atau tempe

Melanir Data Makanan Saya, produk olahan kedelai seperti tahu dan tempe juga termasuk makanan tinggi fosfor. 100 gram tahu dapat mengandung 19 mg fosfor atau 15 persen dari kebutuhan fosfor harian Anda.


Bahaya Kelebihan Fosfor

Meski mineral ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun jika kadar fosfor dalam tubuh terlalu tinggi dapat menimbulkan risiko kesehatan. Jika Anda memiliki masalah ginjal seperti penyakit ginjal kronis, Anda mungkin memiliki kadar fosfor yang tinggi. Hal ini dapat menyebabkan tulang kehilangan kalsium atau membangun timbunan kalsium di pembuluh darah, mata, jantung, dan paru-paru.

Terlalu banyak fosfor dalam tubuh dalam jangka waktu lama meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Sementara itu, terlalu banyak fosfor dalam tubuh, yang juga dikenal sebagai hyperphosphatemia, dapat dipengaruhi oleh konsumsi suplemen fosfat yang berlebihan. Gejala Terlalu Banyak Fosfor Beberapa gejala kondisi ini tumpang tindih dengan gejala fosfor rendah.

Gejala tersebut termasuk nyeri sendi, nyeri otot, dan kelemahan otot. Seseorang yang tinggi fosfor juga mungkin mengalami gatal-gatal dan mata merah. Gejala yang lebih serius dapat berupa sembelit parah, mual, muntah, dan diare. Konsultasi dengan dokter diperlukan untuk menyesuaikan jumlah fosfor sesuai dengan kondisi tubuh Anda.


Bahaya Kekurangan Fosfor

Meski hal ini jarang terjadi karena banyak makanan yang mengandung fosfor, namun kekurangan fosfor juga dapat terjadi, terutama jika Anda sedang lapar atau mengalami gangguan makan (anoreksia). Mengonsumsi antasida dapat menurunkan kadar fosfor dalam tubuh, terutama jika dikonsumsi dalam waktu lama.

Kekurangan fosfor, juga disebut hipofosfatemia, dapat terjadi jika Anda memiliki gangguan penggunaan alkohol, ketoasidosis diabetik, atau penyakit keturunan tertentu.

Jika seseorang kekurangan fosfor dalam waktu singkat, Anda tidak akan melihat efek samping apa pun. Jika kasus Anda sedang atau parah, Anda mungkin akan mengalami gejala seperti nafsu makan berkurang, kelemahan otot, nyeri tulang, mati rasa, toleransi olahraga yang rendah, dan kesemutan di lengan dan tungkai.

Fosfor yang tidak mencukupi dan kadar kalsium dan vitamin D yang rendah dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan tulang lemah, yang dapat menyebabkan nyeri sendi dan otot. Selain itu, kadar fosfor yang rendah bisa menjadi pertanda gangguan lainnya.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Apa Fungsi dari Fosfor? semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: