Fungsi Cinta Bagi Kehidupan: Pengertian Menurut Ahli, Jenis-Jenis dan Karakteristik Cinta

Diposting pada

Fungsi Cinta Bagi Kehidupan: Pengertian Menurut Ahli, Jenis-Jenis dan Karakteristik Cinta -Apa sebenarnya yang dimaksud dengan cinta? Secara umum, makna cinta adalah emosi atau perasaan positif (kebaikan, kasih sayang, kasih sayang) pada manusia, yang diarahkan kepada orang lain atau benda lain di lingkungan mereka.

Ada jyga yang berpendapat cinta merupakan aktivitas manusia terhadap benda-benda lain di sekitarnya, yang mengambil bentuk empati, kasih sayang, perhatian, bantuan, pengorbanan diri dan pemenuhan kebutuhan objek.

Banyak ahli mengatakan bahwa makna cinta sulit untuk sepenuhnya dijelaskan karena lebih terkait dengan emosi manusia daripada logika. Karena itu, setiap orang dapat memberikan konsep cinta sesuai dengan keadaan emosi di dalamnya.


Fungsi Cinta

  • Mengurangi Rasa Stres

Sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam jurnal Behavioral Medicine menunjukkan bahwa pasangan yang berpegangan tangan selama 10 menit dan kemudian berpelukan selama 20 detik lebih sedikit stres dibandingkan pasangan yang tidak melakukan kontak fisik.


  • Mengurangi Risiko Depresi

Sebuah penelitian besar oleh Universitas Michigan di AS menunjukkan bahwa kualitas hubungan seseorang dapat mengurangi risiko depresi di masa depan.


  • Baik untuk Kesehatan Jantung

Sebuah studi tahun 2014 oleh University of Pittsburg menunjukkan bahwa wanita dalam pernikahan bahagia kurang berisiko penyakit jantung dibandingkan wanita dalam hubungan dengan stres tinggi, sementara banyak penelitian telah menunjukkan bahwa hubungan bahagia dapat menurunkan tekanan darah kita.

  • Tidak Mudah Terkena Flu

Peneliti Carnegie Mellon University menemukan bahwa orang yang menunjukkan emosi positif, yaitu cinta, memiliki pilek lebih sedikit daripada orang yang memiliki emosi negatif.


  • Lebih Cepat Menyembuhkan Luka Fisik

Peneliti Pusat Medis Universitas Negeri Ohio memberikan cedera fisik pada pasangan yang sudah menikah.

Baca Juga :  Pengertian Fabel: Ciri, Jenis, dan Struktur Teks!

Luka sembuh pada pasangan yang berinteraksi dengan hangat hampir dua kali lebih cepat dari pada mereka yang sangat bermusuhan satu sama lain.


  • Harapan Hidup Lebih Lama

Banyak penelitian sudah membuktikan bahwa orang yang sudah menikah cenderung hidup lebih lama. Sebuah studi Universitas Cardiff 2011 menunjukkan bahwa pasangan menikah memiliki risiko kematian 10-15% lebih rendah.


Fungsi Cinta Bagi Kehidupan

  • Memberikan Rasa Damai

Tanpa cinta, orang tidak mendapatkan perasaan damai, sehingga ada konflik, perselisihan karena perbedaan dan kurangnya dasar untuk saling menghormati dan menghormati orang lain. Dalam hal ini, cinta adalah hal mendasar karena hati yang damai pada dasarnya menghasilkan pikiran lurus, tanpa kebencian dan kecemburuan.


  • Menyempurnakan Hidup

Cinta dalam hati manusia membawa perasaan kebahagiaan dan rasa terima kasih yang luar biasa, sehingga orang dapat merasakan kesempurnaan bahkan dalam keadaan yang sangat sederhana.


  • Menyehatkan Jasmani serta Rohani

Perasaan fisik / fisik cinta untuk diri sendiri atau orang lain dapat memberikan pikiran sehingga tubuh sehat karena seseorang secara sadar menjaga kesehatan tubuh. Sedangkan seseorang yang memiliki cinta cenderung mental / mental untuk memikirkan hal-hal positif dan baik untuk diri sendiri dan orang lain sehingga secara tidak langsung membuat mereka sehat.


  • Memberikan Arti Hidup

Perasaan cinta akan membuat seseorang merasa bahwa kehidupan mereka di dunia ini sangat penting bagi diri mereka sendiri atau orang lain. Karena itu, ia akan selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam hidupnya untuk Tuhan, keluarga, teman, pasangan … dan masyarakat.


  • Mempersatukan Perbedaan

Orang-orang di antara mereka tentu saja memiliki perbedaan baik secara fisik maupun dalam hal pemikiran, perilaku, dll., Apa yang kita harapkan / inginkan.


  • Meredam Rasa Benci dan Dendam

Cinta dapat menembus dinding kebencian dan balas dendam pada orang lain, karena cinta pada dasarnya memaafkan dan menerima kekurangan seseorang. Dengan cinta, hati yang penuh kebencian bisa damai dan selalu bahagia.


Pengertian Cinta Menurut Para Ahli

  • Erich Fromm

Menurut Erich Fromm, makna cinta adalah perasaan kasih sayang pada orang yang mengandung emosi yang mendalam. Menurut Erich Fromm, ada lima syarat untuk realisasi cinta, yaitu:

  1. Pengantar.
  2. Perasaan.
  3. Tanggung jawab.
  4. Peringatan.
  5. Saling menghormati.

  • Scott Peck

Menurut Scott Peck, makna cinta adalah keinginan manusia untuk berkembang dengan tujuan mempertahankan pertumbuhan spiritual sendiri atau perkembangan spiritual orang lain.


  • Abdullah Nashih ‘Ulwan

Menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan, makna cinta adalah perasaan jiwa dan gejolak dalam hati manusia yang membuat seseorang mencintai orang yang dicintainya dengan kelembutan, gairah, dan kasih sayang.


  • Jalaluddin Rumi

Menurut Jalaluddin Rumi, makna cinta adalah sumber dari segala sesuatu dan esensi dari semua bentuk kehidupan yang ada di dunia karena dunia dan kehidupan muncul dari kekuatan yang disebut cinta.

Baca Juga :  Pengertian 5R: Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin dan Manfaat

  • Quraish Shihab

Menurut Quraish Shihab, definisi cinta adalah kecenderungan hati manusia untuk melakukan sesuatu karena kesenangan atau manfaat yang dapat diperoleh dari orang yang dicintai.


  • Musfir bin Said az-Zahrani

Beliau mengatakan cinta adalah emosi yang paling penting dalam kehidupan manusia dan faktor yang paling penting dalam menyatukan emosi manusia dan membangun kasih sayang antara lain.


Jenis-Jenis Cinta

  • Cinta Kepada TUHAN atau Pencipta

Cinta untuk Tuhan adalah cinta yang sangat mendasar, yang mencakup kepercayaan pada kebenaran sejati di dalam hati, di mana cinta tertinggi adalah untuk DIA yang menciptakan dan memberi kehidupan. Perasaan cinta kepada Tuhan lebih diperintahkan untuk kepatuhan dan kepatuhan dan menghindari segala sesuatu yang dilarang. Mengapa ini disebut sangat sederhana? Karena orang-orang, ketika mereka tidak memiliki cinta kepada Tuhan, secara alami merasa sombong, karena tidak ada yang bisa diatur dan dipatuhi. Perasaan cinta akan Tuhan akan menyampaikan perasaan damai yang sangat mendalam, sehingga pandangan manusia penuh dengan kebaikan terhadap orang lain dan lingkungan.


  • Cinta Ibu Kepada Anak

Perasaan cinta seorang ibu untuk anaknya adalah cinta yang paling mulia. Cinta seorang ibu meliputi ketulusan, perasaan selalu memberi, melindungi, memberi rasa aman dan nyaman dan ingin menawarkan yang terbaik untuk anaknya dalam kehidupan. Cinta ibu untuk anak-anak adalah cinta sejati karena seorang ibu tidak akan meminta imbalan apa pun dari anaknya, seorang ibu hanya berharap akan kebahagiaan dan kehidupan yang baik untuk anaknya.


  • Cinta Kepada Keluarga

Perasaan memiliki dan merasa sebagai bagian dari keluarga. Loop melengkapi dan memenuhi peran masing-masing dalam keluarga.


  • Cinta Kepada Sesama

Cinta untuk orang lain lebih fokus pada perasaan peduli, kasih sayang, dan saling membutuhkan dalam masyarakat.


  • Cinta kepada Teman atau Sahabat

Cinta untuk teman didasarkan pada cinta, kasih sayang dan perhatian. Ikuti perasaan itu dan pahami perasaan yang sedang dialami karena seorang teman adalah bagian penting dari dirinya, sehingga teman-teman dapat membuat Anda merasa bahagia ketika teman-teman lain sedih dengan berbagi cerita, menghibur dan melakukan hal-hal yang menyenangkan.


  • Cinta kepada Lawan Jenis

Cinta untuk lawan jenis lebih untuk perasaan ketertarikan, mangagumi, romansa, kasih sayang dan ekspresi abstrak yang mencakup rasa saling percaya, memiliki dan melengkapi. Kejujuran, kesetiaan, kepercayaan, pengertian adalah dasar utama untuk hubungan dengan lawan jenis. Ini dianggap prinsip karena penolakan hal-hal ini dapat mengurangi / menghancurkan cinta itu sendiri.


  • Cinta Kepada Bangsa dan Negara

Perasaan cinta untuk bangsa dan negara mengarah pada patriotisme dan nasionalisme yang dibangun di dalam negeri. Perasaan memiliki dan menjadi milik suatu negara memberi seseorang perasaan wajib untuk mematuhi atau mematuhi peraturan yang berlaku dan memainkan peran maksimum dalam membangun dan berkontribusi pada pertahanan dan pemeliharaan kemerdekaan, yang, sebagai anggota / bagian dari negara, pada dasarnya berarti dibangun

Baca Juga :  Fungsi Daftar Riwayat Hidup: Pengertian, Bagian-Bagian, Cara Membuat dan Contohnya

Karakteristik Cinta Secara Umum

Meskipun banyak asumsi bahwa cinta sulit untuk didefinisikan, emosi dan perasaan makhluk ini dapat dikenali dari sifat mereka. Sesuai dengan penjelasan di atas tentang makna cinta, beberapa karakteristik cinta adalah sebagai berikut:


  • Ada Ketertarikan dan Kekaguman

Perasaan cinta sangat erat kaitannya dengan perasaan ketertarikan dan kekaguman terhadap objek yang dicintai. Minat dan kekaguman seperti itu dapat muncul karena manfaat yang dimiliki objek yang dicintai, seperti kekuatan di alam, fisik, kemampuan, atau manfaat lainnya.


  • Ada Perasaan Bahagia

Mencintai dan dicintai dapat membuat seseorang bahagia. Meskipun tidak ada ukuran yang pasti dan tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata, perasaan cinta dapat membuat seseorang bahagia dalam hidup mereka.


  • Ada Welas Kasih

Ini adalah fitur cinta yang paling umum. Orang yang mencintai sesuatu atau seseorang dalam hidup mereka akan memiliki belas kasihan untuk objek yang mereka cintai.


  • Ada Kebaikan

Perasaan cinta pada umumnya membuat seseorang menjadi orang yang lebih baik. Dalam hal ini, cinta membuat seseorang lebih baik untuk berbicara dan berperilaku dan lebih percaya diri.

Seperti yang pernah dikatakan oleh filsuf Tiongkok Lao Tzu, cinta tanpa kebaikan tidak pernah ada.


  • Ada Pengorbanan

Secara umum, orang yang mencintai suatu objek rela berkorban demi kebaikan objek yang mereka sukai. Misalnya, seorang ibu yang mencintai keluarganya rela berkorban untuk bekerja keras membantu suaminya mencari nafkah agar keluarganya bisa hidup dengan baik.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Fungsi Cinta Bagi Kehidupan: Pengertian Menurut Ahli, Jenis-Jenis dan Karakteristik Cinta semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: