Fungsi Bendahara

Apa Fungsi dan Tujuan Bendahara serta Tugasnya?

Diposting pada

Apa Fungsi dan Tujuan Bendahara serta Tugasnya? – Dalam sebuah organisasi tentunya terdapat struktur dan posisi yang berbeda untuk menunjang kerja dari organisasi itu sendiri. Ketika Anda berbicara tentang uang, Anda pasti akan mengingat seorang bendahara. Padahal, tugas bendahara tidak hanya terfokus pada keuangan.

Ada berbagai peran dan tanggung jawab bendahara yang harus diakui. Ini terkait dengan uang, tetapi tidak hanya menerima dan menghitung. Ada juga beberapa tugas bendahara yang penting bagi suatu organisasi.


Fungsi & Tujuan Bendahara

Bendahara dalam suatu organisasi tentunya memiliki peran dan tujuan masing-masing. Tujuan bendahara jelas, yaitu mengatur dan mengelola keuangan agar tetap aman untuk organisasi tertentu. Selain itu, ada peran bendahara yang perlu Anda ketahui.

  • Sebagai Fungsi Administratif. Bendahara harus menyimpan catatan pengeluaran dan penerimaan keuangan, termasuk pembayaran yang dilakukan oleh organisasi.
  • Sebagai Fungsi pengadaan. Biasanya organisasi memiliki area yang didedikasikan untuk sarana dan prasarana, tetapi area ini biasanya hanya memantau sementara pengadaan dilakukan oleh bendahara.
  • Sebagai Fungsi Perencanaan. Bendahara juga harus mampu membuat anggaran yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi.
  • Sebagai Fungsi Evaluasi. Tentunya seorang bendahara perlu mengevaluasi pekerjaannya dengan bantuan laporan keuangan baik bulanan maupun tahunan.

Tugas Bendahara

Jika bendahara hanya memegang uang rasanya kurang tepat karena sebenarnya ada sejumlah tugas bendahara yang banyak orang tidak kenal. Tugasnya adalah mendukung keberhasilan suatu organisasi. Berikut ini adalah serangkaian tugas.


  1. Menyusun Rencana Anggaran

Bendahara memiliki peran penting yaitu membuat rencana anggaran yang disesuaikan dengan pendapatan organisasi. Selain itu, bendahara harus mendata kebutuhan tiap bagian sehingga bisa disesuaikan dengan program kerja yang akan dijalankan.

Biasanya rencana anggaran ini dibuat dengan manajer lain. Membuat anggaran penting untuk membatasi semua anggota organisasi pada jumlah yang dapat digunakan. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membuatnya.


  • Anggaran Dibuat Berdasarkan Program Kerja Baru

Setiap pemerintahan atau kepemimpinan biasanya berbeda. Pembeda umum adalah program kerja. Oleh karena itu penting bagi bendahara untuk menyesuaikan dengan program kerja yang telah disepakati bersama.

Terkadang penetapan anggaran juga bisa menjadi evaluasi terhadap program kerja baru. Bendahara dapat melihat realistik program kerja dari segi anggaran. Jika terlalu sulit, organisasi dapat mengubahnya.


  • Mengecek Program Kerja Sebelumnya

Saat menyusun rencana anggaran, seorang bendahara harus mereview program kerja sebelumnya. Bendahara bisa melihat apakah ada program kerja yang belum selesai. Bendahara juga dapat memeriksa keefektifan anggaran dengan meninjau program sebelumnya.


  • Menyesuaikan Program Kerja Baru dan Lama dengan Pendapatan

Jika sudah mengetahui data baik program kerja baru maupun lama, sudah saatnya bendahara bertanggung jawab menyesuaikan anggaran. Jangan sampai sumber pendapatan tidak mencukupi untuk semua program yang dijalankan.


  1. Menyimpan Serta Mengeluarkan Uang

Tugas kali ini adalah tugas yang diketahui banyak orang. Tentu saja, bendahara bertanggung jawab untuk membelanjakan uang jika diperlukan. Namun, ada beberapa hal yang harus diwaspadai bendahara dalam melaksanakan tugas ini.


  • Harus Sesuai dengan Program Kerja

Saat mengeluarkan uang, seorang bendahara dituntut untuk mengetahui program kerja yang telah disusun. Bendahara berhak menolak ketua atau pihak terkait atau mengajukan pertanyaan.


  • Melalui Persetujuan Ketua

Bendahara harus menjalankan tugasnya dengan percaya diri. Oleh karena itu, bendahara harus melakukan proses persetujuan dari ketua atau pimpinan organisasi sebelum mengeluarkan uang. Hal ini juga memudahkan bendahara menyusun laporannya.


  1. Menyusun Laporan dan Pembukuan

Bendahara wajib mencatat semua arus keuangan berdasarkan pendapatan, pengeluaran dan modal. Pencatatan ini sekarang dapat diperhitungkan untuk tahun berikutnya. Ada fungsi berbeda dari laporan keuangan atau akuntansi ini.


  • Mengetahui Transaksi Organisasi

Dengan adanya laporan tersebut, tentunya setiap administrator dapat mengetahui arus pengeluaran dana yang sebenarnya. Pembukuan yang tepat juga menghindari masalah di kemudian hari, terutama untuk administrasi selanjutnya.


  • Memahami Untung atau Rugi

Salah satu prinsip pelaporan keuangan adalah mengetahui intinya, yaitu saldo untung atau rugi. Kemudian organisasi dapat mengetahui apakah program tersebut sudah benar selama ini. Ini dihasilkan dari aspek untung rugi dari laporan keuangan tahunan.


  • Menjadi Bahan Evaluasi

Evaluasi adalah salah satu hal terpenting dalam memajukan organisasi. Salah satu faktor evaluasi adalah pertimbangan laporan keuangan. Dengan cara ini, organisasi dapat mengidentifikasi poin mana yang perlu ditingkatkan atau yang sudah sejalan dengan tujuan.


  • Mengatur dan Mengelola Bukti Transaksi

Semua transaksi yang dilakukan oleh organisasi harus dicatat dengan baik, termasuk dokumen pendukung. Bendahara wajib memastikan bahwa bukti transaksi tidak hilang atau rusak. Bukti ini merupakan dokumen penting dalam penyusunan laporan keuangan organisasi.

Catatan transaksi mencatat berbagai aktivitas keuangan seperti pembelian dan pendapatan. Bukti transaksi berupa kwitansi, invoice dan nota. Ada banyak keuntungan meminta bendahara memberikan bukti transaksi, termasuk:

  1. Dukungan dengan pembukuan dan persiapan laporan.
  2. Dapat mengungkapkan pihak yang bertanggung jawab.
  3. Mengetahui secara detail data transaksi seperti jumlah uang dan waktu.

Skill untuk Menjadi Bendahara

Jika ada yang berminat menjadi bendahara, harus ada kompetensi ganda. Hal ini tentunya untuk membantu tugas dan tanggung jawab sehari-hari bendahara. Berikut ini adalah keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang bendahara.

  • Keterampilan akuntansi dasar dengan laporan keuangan.
  • Teliti dan juga bertanggung jawab.
  • Memiliki integritas untuk menjaga kepercayaan finansial organisasi.
  • Dapat menjalankan sistem komputer seperti Microsoft Excel.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Apa Fungsi dan Tujuan Bendahara serta Tugasnya? semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: